Ambon, 24/3 (Antaranews Maluku) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membantu 40 unit bus dalam rangka mendukung penyeleggaraan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katholik Nasional I di Ambon, dijadwalkan pada Oktober 2018.

"Menhub, Budi Karya Sumadi sudah merestui 40 unit bus dalam rangka memperlancar transportasi penyelenggaraan Pesparani," kata Kadis Perhubungan Maluku, Frans Papilaya, di Ambon, Sabtu.

40 unit bus itu dijadwalkan tiba menjelang penyelenggaraan Pesparani yang dijadwalkan melibatkan 6.500 peserta.

"Bus tersebut nantinya mengangkut para peserta, baik saat tiba, dari maupun ke tempat penginapan, lokasi latihan dan lomba," ujar Frans.

Dia mengemukakan, bantuan bus tersebut juga diharapkan mengantisipasi kemacetan aktivitas lalu litas sehubungan daya dukung jalan di Kota Ambon yang kurang mampu menampung kendaraan bermotor.

"Saya yang dipercayakan sebagai Ketua Bidang Transportasi Pesparani Katholik Nasional I bersama rekan - rekan telah mempersiapkan 205 unit bus lainnya untuk melayani tamu maupun peserta,"kata Frans.

Sedangkan Plt Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua mengapresiasi bantuan Kemenhub yang saat penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-24 di Ambon pada 19 Juni 2012 maupun Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XI di Ambon pada 6 - 12 Oktober 2015 juga membantu bus.

"Saya ingat penyelenggaraan Pesparawi Nasional yang kebetulan juga dipercayakan sebagai Ketua Umum panitia penyelenggaraan dibantu 35 unit bus oleh Menhub, Ignasius Jonan dengan para supir, BBM dan lain -lain hingga usai event tersebut," ujarnya.

Zeth yang juga Ketua Umum Panitia Pesparani Katholik Nasional I itu mengharapkan 40 bus itu nantinya diberikan kepada Pemprov Maluku dan 11 Pemkab/Pemkot karena strategis dalam mendukung kelancaran berbagai event berskala nasional.

"Menhub Budi kiranya merestuinya karena memang dibutuhkan Pemprov Maluku dan 11 Pemkab/Pemkot saat melayani para tamu maupun peserta berbagai event berskala nasional," tandasnya.

Catatan Antara, Pemprov Maluku melalui APBD 2018 mengalokasikan dana Rp20 miliar untuk penyelenggaraan Pesparani Katholik Nasonal I yang nantinya mengundang Presiden, Joko Widodo membukanya.

Pesparani Katholik Nasional I mempertandingan 12 mata lomba dengan 6.500 peserta.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018