Ambon, 27/3 (Antaranews Maluku) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Pattimura Ambon akan membenahi fasilitas bandara yang ada guna mendukung peningkatan jumlah kunjungan di bandara internasional tersebut.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Pattimura, Amirudin Florensius menyatakan, pihaknya berencana melakukan pengembangan perluasan terminal serta menambah fasilitas bandara.

"Sesuai rencana tahun 2018 kami akan melakukan pengembangan luasan terminal, serta ada penambahan garbarata dan satu gate keberangkatan maupun proses kelaikan terminal," katanya di Ambon, Senin.

Menurut dia, bandara internasional Pattimura memiliki fasilitas pelayanan imigrasi, karantina dan bea cukai, yang bisa melayani penumpang secara langsung yang datang dari luar negeri.

"Fasilitas bandara Pattimura saat ini sangat baik terutama dari sisi standar keamanan, pelayanan di terminal yang sudah ditetapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)," katanya.

Amirudin menjelaskan, pihaknya berupaya mengoptimalkan fasilitas bandara untuk mengakomodasi jumlah kedatangan maupun keberangkatan penumpang.

Pembenahan bandara dilakukan mengingat jumlah penerbangan dari dan menuju Ambon semakin meningkat, hal ini tentu berkaitan dengan peningkatan perekonomian dan pariwisata di provinsi Maluku.

"Kami berupaya akan menata terminal agar para pengguna jasa lebih nyaman, hal ini tentunya membutuhkan dukungan dalam memberikan pelayanan," ujarnya.

Ia mengakui, pertumbuhan dan pergerakan lalu lintas angkutan terutama penumpang di bandara Pattimura Ambon mengalami peningkatan sepanjang tahun 2017 mencapai 6,85 persen.

Pertumbuhan dan pergerakan angkutan lalu lintas terjadi pada penumpang dengan total penumpang mencapai 108,814 orang di tahun 2017, dibandingkan tahun 2016 sebanyak 101,837 orang.

"Perbaikan fasilitas bandara lanjutnya, selaras dengan kenaikan jumlah penumpang. Rata-rata kenaikan penumpang sebanyak 2.200 per hari, jumlah ini fluktuatif dengan kon?disi cuaca dan berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Provinsi Maluku," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018