Ternate, 31/3 (Antaranews Maluku) - Batik Tubo Ternate, Maluku Utara (Malut) meluncurkan empat motif terbaru yang akan dipasarkan di berbagai galeri di daerah itu.

"Rumah oleh-oleh khas Malut merupakan salah satu solusi bagi para pengrajin IKM dan UKM untuk mengembangkan pasar, sehingga produk dari para pelaku usaha termasuk Batik Tubo dapat dijual tidak hanya di satu tempat tetapi di banyak tempat," kata pemilik Batik Tubo, Kustalani Syakir di Ternate, Sabtu.

Empat motif terbaru Batik Tubo yang diluncurkan bertepatan dengan peresmian rumah oleh-oleh itu di antaranya Fuli Pala, Amo Maitara, Ikang Cakalang dan Funai.

Empat motif tersebut memiliki filosofi berbeda-beda, salah satunya adalah motif funai yang merupakan alat mancing di Malut dan menjadi ikon atau nilai tersendiri, sehingga diangkat menjadi salah satu motif.

Kustalani mengaku, jika ditambah dengan empat motif yang baru diluncurkan, maka jumlah keseluruhan motif yang dimiliki batik tubo menjadi 37.

Adapun konsep rumah oleh-oleh secara keseluruhan menampung berbagai produk IKM dan UKM yang kreatif dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

"Saat ini sudah ada 20 produk yang oleh-oleh, beberapa di antaranya kecap manis, sirup dan manisan pala dan sebagainya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018