Ambon, 9/4 (Antaranews Maluku) - Harga cabai rawit yang ditawarkan pedagang di sejumlah pasar tradisional Kota Ambon, Maluku kembali bergerak naik bila dibandingkan dengan dua hari sebelumnya.

Hasil pantauan di pasar Mardika dan Batu Merah, Senin, harga cabai rawit Rp45.000/kg atau bergerak naik dari sebelumnya Rp35.000. Sedangkan untuk cabai keriting panjang masih bertahan pada posisi Rp20.000/kg.

Dullah, pedagang cabai di kawasan pasar Mardika, mengatakan, harga cabai rawit selalu saja terjadi fluktuasi. Kendati stok cukup, harga tetap mengikuti tingkat permintaan.

"Kalau berlebihan, pedagang selalu memainkan harga guna mencari keuntungan. Ini hukum pasar," ujarnya.

Ia mengungkapkan, selain cabai rawit, bawang pun dikabarkan akan mengalami kenaikan harga, kemungkinan saat menjelang puasa ramadhan,bulan depan.

Sekarang ini, harga bawang putih dan merah rata-rata Rp34.000/kg, dan eceran Rp5.000/tumpuk kecil, itu pun pedagang masih memiliki stok bawang yang lama.

"Belum ada kapal yang masuk Ambon membawa bawang baik putih maupun merah, mungkin saja dua atau tiga hari ke depan baru ada kapal masuk Ambon," kata Parno pedagang yang ditemui di pintu masuk pasar Mardika.

Yang saya jual ini stok lama, lanjutnya, dibeli dari agen dengan harga Rp28.000/kg masih kotor, setelah dilakukan pembersihan kemudian di jual lagi kepada warga di pasar dengan harga Rp34.000/kg.

"Karena itu, yang saya katakan tadi mungkin saja kalau stok baru masuk pasar Ambon pasti terjadi perubahan harga lagi," ujarnya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018