Ternate, 14/4 (Antaranews Maluku) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) mengembangkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di instansi pemerintah dengan mensosialisasikan kebijakan dan strategi P4GN di Malut.

"Kami telah memaparkan kondisi kerawanan narkoba di Indonesia yang membutuhkan kerja sama semua unsur baik pemerintah dan swasta serta masyarakat," kata Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Dr Benny Gunawan saat membuka sosialisasi kebijakan dan strategis P4GN di Malut, Jumat.

Menurut dia, kegiatan ini melibatkan Kepala Bidang dan Kepala Seksi di lingkungan Instansi Pemerintah dan BUMN, sehingga bisa tersosialisasi hingga ke bawahannya.

Selain itu, upaya BNNP ini bersama pemerintah untuk melakukan penguatan layanan rehabilitasi melalui bimtek mutu layanan lembaga rehabilitasi instansi pemerintah tahap II.

Dia menyatakan, tingginya jumlah penyalahguna di Maluku Utara harus di tangani secara serius dengan pendekatan secara komprehensif dan untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan upaya dan kerjasama dengan instansi terkait baik pemerintah ataupun komponen masyarakat.

"Kurangnya SDM yang memiliki pengetahuan dan skill terkait rehabilitasi serta keterbatasan tempat rehabilitasi menjadi kendala bagi layanan rehabilitasi penyalahguna narkotika di Malut," ujar Benny.

Benny menjelaskan, layanan rehabilitasi merupakan serangkaian upaya pemulihan ketergantungan narkoba bagi pecandu dan atau korban penyalaguna yg mencakup rehabilitasi medis dan sosial dan layanan pasca rehabilitasi yang dilakukan secara kontiniu dalam satu kesatuan layanan yg terintegrasi.

Selain disampaikan oleh Dir Res Narkoba Polda Maluku Utara dengan judul Aspek Hukum dari P4GN, dilanjutkan dengan Materi Konseling, Adiksi Dasar dan Rehabilitasi dari Psikolog Khairunnisa, S. Psi Psikolog dan pada sesi terakhir disampaikan materi oleh Kabid P2M BNNP Malut tentang Strategi Pemberdayaan Masyarakat dan Rencana Aksi.

Dalam kegiatan itu, BNNP menggandeng Dirnarkoba Polda Maluku Utara Kombespol Mirzal Alwi S,IP, PT ASDP, BPJS, PT PLN dan PT Pelni, Bea dan Cukai Provinsi Malut, UPBU Bandara Sultan Babullah, Dinas Pasar, Satpol PP dan Perangkat Kelurahan Kota Ternate.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018