Ambon, 16/4 (Antaranews Maluku) - Sekretaris daerah (Sekda) Maluku, Hamin Bin Thahir mengapresiasi rencana Garuda Indonesia membuka rute penerbangan langsung Ambon, Maluku - Denpasar, Bali pada pertengahan 2018.

"Pembukaan penerbangan langsung rute Ambon - Denpasar merupakan permintaan Pemprov Maluku yang digagas Gubernur Said Assagaff," katanya, di Ambon, Senin.

Pembukaan rute langsung Ambon - Denpasar itu strategis untuk pegembanganan pariwisata Maluku dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Karena itu, Dinas Pariwisata Maluku dan lainnya yang berkaitan dengan pengembangan sektor ekonomi diarahkan agar mempersiapkan pembukaan rute penerbangan langsung Ambon - Denpasar, sehingga bila Garuda Indonesia melaksanakannnya sudah siap mendukung dengan berbagai terobosan.

"Pastinya, pembukaan rute penerbangan ini tidak semata untuk kepentingan sektor pariwisata karena berdampak ganda sehingga harus didukung berbagai komponen dengan tujuan memperlancar transportasi, peningkatan jumlah wisatawan maupun kepentingan lainnya," kata Sekda.

Dia mengakui, Pemprov Maluku melalui Gubernur Said juga menggagas penerbangan internasional Saumalaki,ibu kota kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) - Darwin, Australia Utara oleh maskapai Garuda Indonesia.

"Rute internasional ini telah dibicarakan Gubernur Said, baik dengan Menhub maupun Direktur Garuda Indonesia yang didukung Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti sehingga strategis ganda bagi pengembangan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan sosial Maluku," tandas Sekda.

Sebelumnya, Manager Sales and Marketing Garuda Indonesia Cabang Ambon, Agny Gallus Pratama, mengemukakan,

penerbangan Ambon - Denpasar dibuka setelah dilakukan evaluasi bahwa rute ini merupakan favorit bagi pelanggan.

Rute Ambon-Denpasar direncanakan akan dimulai dari Sorong - Ambon- Denpasar, sebagai upaya membuka kesempatan bagi wisatawan yang akan melakukan perjalanan ke Maluku maupun ke Papua.

"Kita berupaya agar kunjungan wisatawan mancanegara tidak harus melalui Makassar tetapi ada pilihan lain dari Denpasar langsung ke Ambon," tegasnya.

Penerbangan rute Ambon - Denpasar saat ini dilakukan setiap hari, yakni berangkat dari Ambon pukul 16.00 WIT dan tiba di Denpasar pukul 19.00 WITA.

"Rute tersebut tidak langsung tetapi transit di Surabaya. Penumpang maupun bagasi tidak turun tetapi tetap di pesawat yang sama," kata Agny.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018