Ternate, 20/4 (Antaranews Maluku) - Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) menggelar lomba memasak serba ikan untuk menyambut Hari Kartini yang ke 140.

Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April.

"Melalui lomba memasak serba ikan kita bangun ekonomi kreatif untuk memberdayakan perempuan-perempuan agar maju dan berkembang serta berkualitas," kata Ketua GOW Halsel, Yeni Amelia melalui siaran pers yang diterima Antara, Jumat.

Lomba yang dipusatkan di Pasar Labuha itu diikuti peserta dari lima desa di kota Labuha, yakni Mandaong, Tomori, Tembal, Gandasuli dan Labuha.

Yeni Amelia mengapresiasi para perempuan Halsel yang berpartisipasi sebagai peserta acara tersebut.

"Kita ini adalah kartini-kartini masa kini dan kartini-kartini Kabupaten Halmahera Selatan, jadi kita harus semangat," kata Yeni.

Yeni menambahkan bahwa pemberdayaan perempuan ada bermacam-macam, di antaranya meningkatkan kualitas dalam keluarga, dan ada juga kreativitas dalam meningkatkan kualitas wanita-wanita rumah tangga.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi kaum perempuan, untuk meningkatkan perannya dalam pembangunan dan menarik dalam peringatan mengenang perjuangan RA Kartini sebagai tokoh pejuang emansipasi wanita Indonesia dan memplopori kesetaraan derajat wanita Indonesia ini, juga dimeriahan dengan lomba tarik tambang oleh Ibu-Ibu pedagang sayur dan Ikan yang ada di Pasar Tembal," ujarnya.

Sehingga, dalam memperingati hari Kartini yang 140, GOW Halsel juga menyelenggarakan Tournamen Bola Voli antar organisasi Wanita.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018