Ternate, 22/4 (Antaranews Maluku) - Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menjamin stok bahan pokok di daerah itu aman dan tidak ada kenaikan harga secara signifikan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate, Sofyan Wahab di Ternate, Minggu, mengatakan, sejauh ini kebutuhan pangan relatif aman untuk memenuhi permintaan masyarakat.

"Ada beberapa yang mengalami kenaikan harga namun tidak signifikan dan masih bisa ditemukan di pasar, sehingga ini masih aman meskipun harga sudah mengalami kenaikan," katanya.

Sofyan mengimbau masyarakat agar tidak khawatir dengan adanya kenaikan harga untuk bawang saat ini, karena kebutuhan masyarakat masih dapat dipenuhi. Meskipun ada kenaikan harga, itu terjadi bukan hanya di Malut namun di Jawa pun demikan.

"Masyarakat kota Ternate tidak perlu ragu bahawa semua stok ketahanan pangan di Ternate masih aman dan bisa ditemukan ketika masyarakat membutuhkan seperti bawang rica tomat dan lainnya," ujarnya.

Berdasarkan rapat melalui TPID, kata Sofyan, dengan sejumlah pemasok pangan bahawa kebutuhan pangan masih aman hingga pada selesai Ramadan nantinya, karena rapat yang melibatkan semua pemasok menyampaikan bahwa semua kebutuhan pangan aman.

Bahkan, sejumlah kebutuhan pangan yang alami fluktuasi yaitu seperti bawang putih dan rica semuanya masih dapat dijangkau meskipun terjadi kenaikan.

Untuk itu, pengamanan juga melibatkan sejumlah pihak terkait seperti Polda, Polres dan sejumlah distributor agar dapat menjaga kestabilan harga kebutuhan pangan dalam ramadhan kali ini.

"Jika ada kenaikan harga yang semakin tinggi maka Dinas ketehanan pangan akan melakukan kordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk lakukan operasi pasar murah, agar warga dapat membelinya dengan harga terjangkau," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018