Ternate, 29/4 (Antaranews Maluku) - Dinas Pariwisata Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara menyatakan pelaksanaan Festival Teluk Jailolo (FTJ) pada 3-5 Mei 2018 akan mempromosikan keindahan wisata bawah laut dan terumbu karang Jailolo.

"Kami akan memanfaatkan FTJ dengan perkenalkan potensi bawah laut Jailolo indah dan bisa menggaet wisatawan datang ke Halbar," kata Kadis Pariwisata Kabupaten Halbar, Feny Kiat dihubungi dari Jailolo, Minggu.

Menurut dia, FTJ yang digelar sejak 2009 ini telah memberi berbagai inovasi dan perkenalkan potensi wisata Halbar hingga ke mancanegara.

Selain itu, kata Feny, FTJ juga melahirkan inovasi dari masyrakat yang tergabung dalam sadar wisata, sehingga target untuk menjadikan Halbar sebagai tujuan wisata bisa terealisasi, karena telah memanjakan para wisatawan yang menikmati panorama objek wisata di Kabupaten Halbar.

"Tentunya, berbagai paket wisata yang disediakan mulai dari fun trip Kahatola dan menikmati panorama bawah laut yang indah akan disuguhkan dalam FTJ nanti," katanya.

Dia mengatakan, seluruh persiapan paket-paket wisata tersebut sudah siap dijajal wisatawan, sehingga dapat memberi kesan tersendiri bagi wisatawan saat menikmati FTJ tahun 2018.

Kabupaten Halbar sendiri memiliki berbagai objek wisata dan tradisi lokal yang tengah dipromosikan seperti Orom Sasadu (makan adat Suku Sahu), di Desa Gamtala Kecamatan Jailolo, Desa Akelamo Kecamatan Sahu Timur dan Desa Worat-wosat Kecamatan Sahu.

Bahkan, untuk iven Fun Dive and Video Trip Competition di spot-spot dive yang tersebar di perairan Halmahera Barat serta Spice Trip Bobanehena di Desa Bobanehena Kecamatan Jailolo bisa menarik wisatawan berkunjung ke Halbar.

Dia mengakui, saat ini, wisatawan yang mengkonfirmasi kedatangan mereka sudah banyak, ada dari Kota Manado, Jakarta bahkan ada media nasional menyatakan keinginannya ikut paket Fun Trip Kahatola.

Selain itu, dalam FTJ kali ini akan berbeda dengan iven sebelumnya, karena panitia akan menghadirkan group band Slank yang akan tampil meramaikan puncak peringatan satu dekate FTJ," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018