Ambon, 6/5 (Antaranews Maluku) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan kondisi cuaca buruk di sejumlah kabupaten/kota di Maluku pada beberapa hari ke depan.

Antara yang menghimpun data di BMKG, Minggu, mencatat, potensi hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Kota Ambon, kabupaten Maluku Tengah maupun Buru Selatan, Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT) dan Maluku Tenggara serta Kota Tual.

Selain itu, laut Banda dengan adanya awan gelap (Cumulonimbus) di lokasi tersebut dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang.

Tinggi Gelombang mencapai 2,5 meter berpotensi terjadi laut Arafura, laut Banda, perairan Kepulauan Sermata hingga Tanimbar, perairan Kepulauan Kai hingga Kepulauan Aru serta laut Arafura.

Karena itu, para nelayan yang hendak menangkap ikan jangan memaksakan diri melaut dengan mengandalkan armada tradisional.

Armada tradisional tidak kuat menahan kondisi cuaca tersebut dengan sewaktu-waktu terjadi perubahan kecepatan angin sehingga mempengaruhi tinggi gelombang.

Imbauan kondisi cuaca telah disampaikan melalui masing-masing Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di sembilan kabupaten dan dua kota, termasuk para Bupati maupun Wali Kota.

Diingatkan juga bila terjadi kondisi cuaca ekstrim, maka Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon berwenang tidak memberikan izin berlayar, bahkan sekiranya dipandang perlu aktivitas pelayaran untuk sementara ditutup sambil menunggu laporan perkembangan cuaca terbaru.

Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi bila terjadi penundaan pelayaran demi keselamatan bersama.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018