Ambon, 8/5 (Antaranews Maluku) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku siap menyalurkan dana beasiswa bagi 40 orang mahasiswa per tahun di Unifersitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

"Program ini sebagai bagian dari program beasiswa kepada mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku Bambang Pramasudi di Ambon, Selasa.

Untuk Maluku, lanjutnya, kami sudah melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Program Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2018 dengan Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M.J. Saptenno, yang berlangsung pada hari Kamis tanggal 3 Mei 2018 yang berlangsung di Kampus Unpatti Ambon.

Karena itu di Provinsi Maluku BI Maluku melakukan kerja sama dengan Unifersitas Pattimura, dengan jumlah mahasiswa yang menerima sebanyak 40 orang per tashun.

Bambang mengatakan, program beasiswa ini telah dilaksanakan sejak tahun 2011. Pada tahun 2017 Bank Indonesia telah menyalurkan beasiswa kepada 3.290 mahasiswa di 89 Perguruan Tinggi pada 16 Program Studi.

"Program ini diberikan kepada mahasiswa program Strata 1 yang kurang mampu namun memiliki prestasi akademik yang baik, guna menyelesaikan tugas akhir akademik/studinya dan bersifat sosial serta tanpa ikatan dinas," ujarnya.

Pada tahun 2018 ini, lanjjutnya, terdapat peningkatan bantuan beasiswa Bank Indonesia. Pertama, jumlah penerima meningkat dari 40 mahasiswa menjadi 50 mahasiswa setiap tahunnya.

yang kedua, nilai beasiswa meningkat dari semula Rp.750.000/bulan menjadi Rp.1.000.000/bulan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan semangat para penerima beasiswa untuk terus berprestasi sebagai calon pemimpin di masa depan.

Bambang pengatakan, Ke depan program ini diharapkan tidak hanya membantu dari sisi mahasiswa, namun akan diarahkan juga melalui program yang bersifat edukasi bagi mahasiswa yaitu; pengembangan kewirausahaan.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018