Ternate, 10/5 (Antaranews Maluku) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengajak seluruh elemen pemuda serta Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Ika-PMII) Maluku Utara (Malut) untuk mengembangkan potensi wisata kuliner dan pantai.

"Saatnya pemuda kembangkan potensi pariwisata Ternate harus terus dieksplorasi, karena bisa memberi kontribusi ekonomi bagi masyakat sekitar," kata Menpora usai melantik Pengurus IKA-Alumni PMII Malut di Ternate, Kamis.

Menurut dia, pemuda di Malut harus berkontribusi bagi pengembangan pariwisata, karena khusus Kota Ternate dan Tidore terkenal dengan kekuatan maritim dan SDA yang belum tergarap maksimal.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh elemen pemuda untuk fokus mengembangkan pariwisata, agar bisa meningkatkan potensi ekonomi masyarakat, karena pemuda memiliki tanggung jawab yang besar untuk kepentingan masyarakat.

Menteri mengakui, keinginannya datang ke Ternate karena memiliki sektor pariwisata dan kuliner yang sangat khas dan bisa dikembangkan oleh pemuda sebagai garda terdepan dalam melahirkan perubahan.

Dia juga mengajak pemkot setempat agar bisa mengembangkan potensi wisata bersama-sama pemuda, karena banyak spot-spot wisata pantai yang bisa membawa peningkatan ekonomi.

Sementara itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Ternate membangun Pasar Wisata yang terletak di Kelurahan Takome Pulau Ternate.

Kadis Perindag Kota Ternate, Nuryadin Rahman ketika dikonfirmasi menyatakan apresiasinya atas upaya Menpora inginkan potensi wisata dibangun dan berbagai tempat wisata seperti Danau Tolire telah dibangun berbagai infrastrukturnya.

"Memang untuk 2018 itu sudah finishing spot wisata di Ternate, karena pekerjaan ini dua tahap dan saat ini yang dilakukan sekarang merupakan tahap satu, untuk tahap kedua bakal dilakukan di bulan Maret atau April 2018 merupakan tahap lanjutan jadi untuk tahap satu sentara produk IKM dan tahap duanya untuk pasar kuliner dan yang dibangun ini merupakan sentra IKM yang saat ini di bangun di Danau Tolire.

Menpora Imam Nahrawi sendiri dalam kunjungan kerjanya di Malut selain melantik Pengurus IKA-Alumni PMII Malut juga menyempatkan diri melakukan kunjungannya ke Keraton Kesultanan Tidore.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018