Ambon, 15/5 (Antaranews Maluku) - PT. Pertamina Ambon menyatakan, stok bahan bakar minyak (BBM) di Maluku, baik avtur,premium, pertamax, pertalite, solar dan minyak tanah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah ini, terutama umat Islam yang menunaikan ibadah puasa.

"Stok berbagai jenis BBM tersebut cukup banyak, bahkan bisa mengisi permintaan hingga 14 hari kedepan," kata Manager PT.Pertamina Cabang Ambon, Tiara Desofi, di Ambon, Selasa.

Pertamina MOR IIIV Branch Maluku menjamin premium, pertalite, pertamax, solar dan minyak tanah untuk kebutuhan masyarakat, terutama umat Islam menunaikan ibadah Puasa.

"Itu stok yang ada sekarang ini, bahkan akan lebih sebab kapal tangker yang mengangkut BBM selama ini dari Balikpapan selalu masuk ke terminal transit BBM Waiyame yang merupakan induk dari semua depot yang ada di wilayah Timur (Maluku,Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat) sesuai jadwal," ujarnya.

Karena itu, masyarakat Maluku pada umumnya, maupun terkhusus di Kota Ambon dalam menghadapi Bulan Puasa tidak perlu takut untuk bepergian dengan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat sebab stok BBM sekarang ini cukup aman.

Dia merincikan, stok yang ada sekarang ini untuk minyak Avtur rata-rata sebanyak 90 KL/hari, premium 410 KL/hari, minyak tanah 335 KL/hari, solar 1.016 KL/hari, pertalite 290 KL/hari, pertamax 75 KL/hari, dan elpiji (LPG) sebanyak 210 tabung/hari.

Pertamina MOR IIIV memiliki tujuh depot terminal BBM ,31 agen minyak tanah, 71 SPBU, dan dua agen LPG yang siap melayani masyarakat Maluku.

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi ketersediaan BBM Pertamina telah membuat Satgas yang mulai bertugas dari pada 5 Mei - 25 Juni 2018. Itupun untuk Kota Ambon dilaksanakan tugas Satgas sebelum batas yang ditentukan.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018