Ambon, 15/5 (Antaranews Maluku) - Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy meminta seluruh aparatur penyelenggara pemerintah meningkatkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di wilayah masing-masing, sebagai langkah pencegahan terjadinya aksi kejahatan.

"Ketahanan sosial masyarakat Ambon semakin baik dan harus dijaga terus, walaupun ada kejadian tetapi tidak berdampak luas, karena iitu peran aparatur pemerintah penting untuk meningkatkan keamanan lingkungan," katanya di Ambon, Selasa.

Ia menyatakan, koordinasi dan komunikasi perangkat desa dan negeri dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga sangat penting.

"Jika ada hal-hal yang mengkhawatirkan, aparat desa harus menjalin komunikasi dengan Babinsa dan bhabinkambtibmas sebagai mitra, bukan sebagai musuh," ujarnya.

Yang terpenting kata Richard adalah, hindari sikap tuduh-menuduh antar warga. Yang harus diilakukan adalah meningkatkan kepercayaan satu dengan yang lain.

"Koordinasi harus dimulai dari lingkungan sekitar yakni RT dan RW yang berdekatan, dengan menjaga komunikasi dan yang terpenting adalah jangan lengah dengan situasi yang terjadi," tandasnya.

Dikatakannya, Pemkot Ambon akan mengeluarkan surat edaran terkait tata cara dan petunjuk bagi RT/RW serta kelurahan untuk mengkonfrmasi setiap tamu yang datang ke lingkungan.

Hal tersebut lanjutnya dilakukan untuk mendata serta mengawasi warga yang lama maupun baru, sehingga perangkat pemerintah serta warga lebih peka.

"Yang harus dilakukan adalah tingkatkan kepercayaan antar warga dan perangkat pemerintah, dengan menjaga komunikasi yang intens dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas," kata Richard.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018