Ternate, 16/5 (Antaranews Maluku) - Polda Maluku Utara (Malut) menempatkan personelnya di berbagai objek vital Bandara Babullah Ternate dan pelabuhan laut guna mengantisipasi masuknya terorisme di wilayah Malut.

"Personel ditempatkan di pintu masuk Bandara Babullah Ternate dan pelabuhan untuk pengamanan ektra dan sudah siagakan anggota di lokasi tersebut, karena lokasi itu merupakan lokasi objek vital yang harus dilakukan pengamanan," kata Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendri Badar di Ternate, Rabu.

Selain menerjunkan personel khusus, dalam pengamanan tersebut, pihaknya juga melibatkan K-9 atau anjing pelacak milik Ditsabhara Polda Malut.

"Anjing pelacak yang diterjunkan untuk melakukan pengamanan di bandara itu, bukan ajing pelacak dengan keahlian untuk mencium narkoba melainkan untuk mencium adanya bom," ujarnya.

Bahkan, pihaknya akan fokus memantau penumpang yang akan melakukan keberangkatan, karena untuk penumpang yang datang dari provinsi lain sudah dilakukan sterlilisasi terlebih dahulu di bandara-bandara sebelumnya.

Polda Malut melalui personel Sabhara dan Brimob ini akan tetap dilakukan, dan personel tersebut akan ditarik hingga adanya pencabutan siaga satu.

Menurut Hendri, pihaknya telah menginstruksikan ke seluruh polres di wilayah Malut untuk perketat pengawasannya guna meningkatkan kewaspadaannya pasca-bom bunuh diri di tiga gereja dan Poltabes Surabaya.

Selain itu, pintu masuk ke Polda maupun Polres telah ditempatkan personel Brimob bersenjata lengkap guna mencegah terjadinya kasus seperti di Surabaya.

"Peristiwa Mako Brimob hingga ke Surabaya ini membuat kita berduka dengan serangan teroris dan Kapolri minta Polda seluruh Indonesia termasuk di wilayah Malut siaga satu," katanya.

Dia mengatakan, selain di kantor Polda dan Polres, seluruh personelnya saat ini telah diterjunkan ke berbagai tempat ibadah baik itu gereja maupun masjid, musallah dan fasilitas umum lainnya di Malut.

Bahkan, personel Brimob dari Polda Malut dengan senjata lengkap di berbagai gereja di Ternate seperti gereja Ayam, Imanuel dan gereja advent di kawasan Tanah Tinggi guna memberi kenyamanan bagi mereka yang menjalankan ibadah.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018