Ambon, 20/6 (Antaranews Maluku) - PT Angkasa Pura (persero) I Bandara Pattimura Ambon akan menambah pintu atau gate dan garbarata keberangkatan dan kedatangan pesawat.

"Sesuai rencana di bulan Agustus atau September kita akan melakukan beautifikasi atau membenahi areal bandara terutama penambahan gate dan garbarata," kata General Manager Angkasa Pura (AP) I Bandara Pattimura Ambon, Amiruddin Florensius, Rabu.

Menurut dia, saat ini di Bandara Pattimura telah beroperasi empat gate atau pintu yang terbagi menjadi dua gate di lantai satu dan gate 3,4 di lantai dua.

"Penambahan satu gate direncanakan akan dilaksanakan di lantai dua, jika rampung maka total akan ada lima gate di terminal bandara," katanya.

Upaya memperindah, kata Amirudin, bukan hanya penambahan gate dan garbarata tetapi juga perombakan gedung utama serta perluasan gedung terminal, mengingat terjadi peningkatan daya tampung penumpang di bandara setiap tahun.

Pihaknya terus berkomitmen melakukan perbaikan aspek pelayanan, karena daya tampung penumpang sebanyak 800 ribu per tahun, tetapi saat ini mencapai 1,3 hingga 1,4 juta penumpang per tahun.

"Artinya terjadi kenaikan 600 ribu penumpang per tahun, dan diprediksi di mudik lebaran tahun 2018, akan meningkat dibanding tahun 2017 berkisar delapan persen," ujarnya.

Ia menjelaskan, beautifikasi wajah baru bandara akan mengusung unsur budaya Maluku yakni ornamen di ruang terminal.

Sesuai rencana akan ada ornamen bernuansa musik seperti notasi balok, sebagai bentuk dukungan terhadap pencanangan Ambon menuju kota musik dunia tahun 2019.

"Kita berharap setiap tamu yang datang ke Ambon dapat merasakan nuansa berbeda di kota musik ini, bukan hanya menikmati musik tetapi ornamen musik dimulai dari bandara," tandasnya.

Ditambahkannya, selain itu juga akan dilakukan pelebaran ruangan terminal agar bisa menampung penumpang dengan aman dan lebih nyaman.

"Saat ini kapasitas terminal atau luas bangunan terminal Pattimura Ambon sebesar 16.090 meter persegi serta luas area bandara 140 hektar. Kita akan memaksimalkan lagi ruang kosong yang ada untuk menunjang pelayanan," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018