Ambon, 5/7 (Antaranews Maluku) - Sebanyak 356 jamaah calon haji? (JCH) asal Kota Ambon siap berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji 2018.

"JCH asal Kota Ambon ini berada pada kelompok terbang (Kloter) 10 bersama-sama dengan JCH asal Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Buru Selatan, dan Maluku Barat Daya (MBD)," kata Kasi Urusan Agama Islam dan Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Wahab Putuhena di Ambon, Kamis.

Jadi, lanjutnya, pada Kloter 10 ini tercatat sebanyak 450 orang JCH merupakan satu Kloter penuh dengan rinciannya JCH asal Kota Ambon sebanyak 356 orang, MBD empat orang, Kepulauan Aru 40 orang dan Buru Selatan 45 orang, ditambah petugas pemandu haji daerah lima orang.

Wahab mengatakan, pelepasan JCH asal Kota Ambon ini sesuai rencana pada 17 Juli 2018 oleh Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy.

Setelah itu akan mengikuti acara pelepasan lagi yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku sesuai jadwal pada 19 Juli 2018 oleh Gubernur Maluku, Said Assagaff.

Sedangkan, keberangkatan JCH asal Kota Ambon ke embarkasi Makassar sesuai jadwal pada 21 Juli 2018 yang terbagi dalam dua kali penerbangan dari Ambon yakni pukul,08.00 WIT dan pukul,14.45 WIT.

Nanti, setelah berada di embarkasi Makasar selama satu hari kemudian melanjutkan perjalanan menuju Arab Saudi yang dijadwalkan penerbangan bersamaan dengan JCH asal Maluku yang lainnya sesuai dengan Kloter pada 23 Juli 2018.

Ditanya terkait persiapan lain yang saat ini dilaksanakan Kankemenag Kota Ambon, dia menjelaskan, semua JCH sedang? melakukan proses pemeriksaan kesehatan di Dinas Kesehatan Valentein, Kota Ambon.

Sedangkan pelaksanaan manasik haji akan dilakukan pada 10-11 Juli 2018. Sebanyak delapan kali di KUA kecamatan dan dua lainnya di kantor kementerian agama Kota Ambon.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018