Ternate, 15/7 (Antaramews Maluku) - Wali Kota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim melepas sebanyak 116 orang calon haji asal daerah setempat untuk bersama-sama jamaah calon haji dari kabupaten/kota lainnya berangkat melalui Ternate, Maluku Utara (Malut).

"Saya merasa perlu untuk mengingatkan kembali kepada seluruh jamaah calon haji agar selalu menjaga kekompakan, menjaga kebersamaan, saling membantu dan saling melindungi, menjaga nama baik daerah khususnya dan nama Bangsa Indonesia umumnya," kata Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep)Ali Ibrahim saat melepas JCH di Tidore, Minggu.

Ia mengharapkan agar JCH dapat meningkatkan kesabaran dan menata niat secara tulus dalam mendapatkan ridho dari Allah SWT, seperti berdisiplin dan mengatur waktu sebaik-baiknya, menjaga kesehatan dengan mengatur makan, minum serta istirahat yang cukup.

JCH asal Tikep sendiri terdiri dari 58 orang laki-laki dan 58 perempuan. JCH dilepas secara simbolis yang ditandai dengan penyerahan bendera lambang Kota Tidore Kepulauan dari Wali Kota Tidore kepada Ketua Rombongan VII JCH Kota Tidore Kepulauan Ahmad Nurul Hasan.

Hal terpenting lainnya, kata wali kota, masalah cuaca di tanah suci yang jauh berbeda dengan kondisi di Tidore Kepulauan khususnya dan? di tanah air umumnya.

"Menunaikan rukun Islam yang kelima di tanah suci nanti, berlangsung dengan lancar dan sekembalinya dari tanah suci dapat menyandang haji yang mabrur," ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama yang diwakili? Kepala Seksi Pendidikan Islam Kementerian Agama Hj Rusni Conoras, menjelaskan JCH Kota Tidore Kepulauan juga diklasifikasikan menurut kecamatan dan jenis kelamin.

Untuk Kecamatan Tidore JCH laki-laki 19 orang dan perempuan 24 orang, Kecamatan Tidore Timur laki-laki 7 orang dan perempuan 7 orang, Kecamatan Tidore Selatan laki-laki 10 orang dan perempuan 20 orang.

Selanjutnya, Kecamatan Tidore Utara laki-laki 9 orang dan perempuan 6 orang, Kecamatan Oba Utara laki-laki 5 orang dan perempuan 7 orang, Kecamatan Oba Tengah laki-laki 3 orang perempuan 2 orang, Kecamatan Oba Selatan laki-laki 1 orang dan perampuan 2 orang, Kecamatan Oba Laki-laki 3 Orang dan Perempuan 2 orang.

Sedangkan untuk CJH tertua atas nama Hayatudin Umar Tari (89? tahun) dari KelurahanTongowai Kecamatan Tidore Selatan dan Jama?ah termuda atas nama Besse Gustiyanti (31) tahun dari Kelurahan Guraping Kecamatan Oba Utara.

Untuk diketahui, 116 JCH asal Kota Tidore , tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 7 Embarkasi Makasar bersama CJH asal Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Timur.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018