Ambon, 18/7 (Antara) - Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Maluku mencatat daftar tunggu umat muslim di ibu kota Maluku ini yang akan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, Arab Saudi tercatat 4.000 orang untuk jangka waktu jatah berangkat sepuluh tahun ke depan.

"Prediksi kami 10 hingga 11 tahun ke depan itu atas pertimbangan dengan kuota/jatah haji daerah ini yang sekarang berjumlah 368 orang," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon Rusdi Latuconsina seusai acara pelepasan calon jamaah haji (Calhaj) Kota Ambon, Rabu.

Bayangkan saja, lanjutnya, di Ambon, yang berangkat haji tahun ini berdasarkan daftar tunggu mereka telah mendaftar sejak tahun 2012.

"Jadi kalau sekarang ini daftar tunggunya sebanyak 4.000 orang, berarti mereka-mereka ini akan menunggu jadwal keberangkatannya kurang lebih sampai 10 hingga 11 tahun kedepan," ujarnya.

Belum lagi akan bertambah daftar tunggu tersebut, sebab setiap hari ada saja jamaah yang datang mendaftar.

Rusdi mengatakan, jatah haji Kota Ambon dua tahun belakangan ini terjadi penambahan mengakibatkan daftar tunggunya menurun bisa mencapai 10 tahun, kalau tidak ada penambahan maka bisa saja daftar tunggu calon jamaah haji untuk Kota Ambon mencapai 12 tahun ke depan baru bisa berangkat.

"Karena itu kami bersyukur, sebab tahun 2017 kemarin terjadi penambahan kuota haji untuk Kota Ambon sehingga bisa mengurangi daftar tunggu. Mudah-mudahan tahun depan ada lagi penambahan kuota agar bisa lebih cepat proses keberangkatan untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci," ujarnya.

Disinggung terkait jamaah calon haji Kota Ambon yang akan berangkat tahun ini, Rusdi mengatakan Calhaj Kota Ambon tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 10 bergabung dengan Calhaj asal Kabupaten Buru dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

Sedangkan jadwal keberangkatan menuju embarkasi Makassar dijadwalkan berangkat dari Ambon pada tanggal 21 Juli 2018 dengan menumpang jasa penerbangan Garuda Indonesia sebanyak 129 orang, kemudian jadwal penerbangan pada siang hari tercatat 179 orang, sisanya sebanyak 75 orang akan diberangkatkan pada tanggal 22 Juli pagi hari.

Sedangkan sesuai jadwal penerbangan ke Arab Saudi tanggal 23 Juli 2018 pukul 23.00 WITA

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018