Ambon, 7/8 (Antaranews Maluku) - Kantor Badan SAR Nasional Ambon ikut serta dalam kegiatan pengamanan peserta lomba layar internasional yacht race Darwin, Australia Utara - Ambon (Maluku), Indonesia 2018.

"Dalam pengamanan ini Kantor Basarnas menyiapkan dua armada laut yaitu Kapal Negara (KN) 235 Abimanyu Ambon dan RIB," kata Kepala Kantor Basarnas setempat, Muslimin, di Ambon, Selasa.

Menurut dia, lomba layar internasional Yacht Race Darwin-Ambon 2018 ini diikuti sepuluh kapal layar dan semuanya berasal dari Australia.

Para peserta dilepas dari garis star di Darwin pada tanggal 4 Agustus 2018 dan rencana tiba di pantai wisata Amahusu, Kecamatan Nusaniwe (Kota Ambon) tanggal 6 Agustus.
 
Salah satu perahu layar peserta SIDAYR 2018 di pantai Amahusu, Kota Ambon (Daniel Leonard)

Namun kenyataannya baru satu peserta yang masuk garis finish pada tanggal 7 Agustus 2018 di pantai Amahusu.

"Makanya Basarnas juga masuk dalam kepanitiaan dan bersiaga di sepanjang perairan Pulau Ambon untuk memantau perjalanan para peserta lomba," ujar Muslimin.

Karena peserta lomba yang pertama masuk garis finish di Amahusu pada tanggal 7 Agustus 2018, maka diperkirakan sembilan peserta lomba layar internasional Darwin-Ambon lainnya dijadwalkan paling lambat akan masuk secara bertahap hingga 10 Agustus mendatang.

"Yang pertama masuk garis finish adalah Perahu layar Antipodes dengan Nakhoda Geoff Hill," katanya.

Peserta lomba layar Spice Island Darwin-Ambon Yacht Race (SIDAYR) 2018, lanjutnya, dilepas dari pelabuhan Stokes Hill Wharf Darwin Australia, Sabtu, (4/8) oleh Pemerintah kota Darwin, Konsulat RI di Darwin, Northern Territory Australia, bersama perwakilan tim Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018