Ternate, 15/9 (Antaranews Muluku) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara (Malut) menggelar Forum Warga Makugawene 05 dalam menghadapi persoalan data pemilih khususnya menjelang Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019.

Komisioner Bawaslu Malut Masita Nawawi Gani dalam siaran pers yang diterima, Sabtu, mengatakan terus mengawal proses perbaikan daftar pemilih tetap (DPT) saat ini sedang dilakukan di kabupaten/kota.

"Kami akan mengevaluasi kembali seluruh data tersebut utamanya persoalan calon pemilih ganda yang jumlahnya cukup signifikan," kata Masita.

Turut memberikan materi Kordiv Hukum dan Data Informasi Bawaslu Malut Dr Fahrul Abd Muid MA dengan materinya Pengawasan Tahapan Pendataan Pemilih, serta anggota KPU Provinsi Malut Pudja Sutamat dengan materi Pelaksanaan Penyusunan Data Pemilih.

Diskusinya berlangsung dengan lancar dan banyak masukan, saran serta kritik yang disampaikan audiens terkait persoalan data pemilih seperti masalah calon pemilih ganda, pemilih pemula yang cenderung belum memiliki identitas seperti KTP-el, serta masih banyak pemilih yang belum terdata.

Bawaslu dalam forum itu menghadirkan para pimpinan partai politik, pemantau pemilu, akademisi dan pers untuk membahas persoalan data pemilih yang saat ini sedang dalam proses perbaikan DPT secara nasional.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan itu, anggota Bawaslu Provinsi Malut yang juga Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Hj Masita Nawawi Gani dengan materinya seputar Identifikasi Data Pemilih.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018