Ternate, 2/10 (Antaranews Maluku) - PT Pertamina (Persero) MOR VIII memberdayakan masyarakat Tubo Ternate, Maluku Utara (Malut) melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) mengadakan seminar pohon produksi kreatif dan inovatif pala dan batik malefo.

Kepala Unit Manager Communication dan CSR MOR VIII, Maluku, Maluku Utara, Papua Eko Kristiawan melalui siaran pers yang diterima Antara, Selasa, menyatakan, sebagai rangkaian dari inisiasi program CSR di Kelurahan Tubo yang merupakan Ring I PT Pertamina (Persero) Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Babullah Ternate, program ini diarahkan sebagai upaya Pertamina dalam meningkatkan taraf hidup ekonomi para ibu-ibu dampingan kelompok dengan memberikan pengetahuan awal tentang olahan pala dan kerajinan Batik Malefo.

Selain itu, peserta juga diberikan motivasi? oleh para narasumber yang bergelut di IKM olahan pala dan Batik Malefo, sehingga pada akhirnya, kelompok dampingan yang dibentuk Pertamina ini akan dapat mandiri secara ekonomi.

Hadir dalam seminar perwakilan dari Dinas UMKM dan Koperasi juga perwakilan dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Ternate bertindak sebagai narasumber yaitu Asnia Ishaq dari kelompok IKM (Industri Kecil dan Menengah) Batik Malefo dan Cindy Sankardi dari IKM Pala.

Sedangkan peserta seminar terdiri dari para ibu yang tergabung dalam kelompok olahan produk pala Tubo dan kelompok kerajinan batik malefo berjumlah 44 peserta.

"Kedua kelompok tersebut merupakan kelompok baru yang diinisiasi pendamping program yang ditugaskan untuk inisiasi dan pendampingan program CSR Pertamina," katanya.

Menurut dia, keterlibatan stakeholder terkait menjadi salah satu kunci keberhasilan program yang diharapkan mengetahui program CSR Pertamina yang sedang dijalankan di Tubo, sehingga harapannya bisa mendukung dari program yang dijalankan tersebut.

Eko Kristiawan menyampaikan, Pertamina senantiasa mendukung pemberdayaan masyarakat di setiap unit operasi di seluruh Indonesia dan berharap agar program CSR yang dijalankan membawa manfaat bagi masyarakat luas.

"Di setiap lokasi, unit operasi Pertamina senantiasa berkomitmen untuk menjalankan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan memperhatikan kearifan lokal. Semoga program ini dapat memberi kesempatan bagi masyarakat Ternate, khususnya di Tubo untuk mengembangkan potensi pala dan batik sehingga membawa manfaat secara ekonomi," kata Eko.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018