Ternate, 3/10 (Antaranews Maluku) - Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut), Abdul Gani Kasuba (AGK) menerbitkan edaran untuk seluruh Bupati/Wali Kota di daerahnya agar menggalang bantuan kemanusiaan bagi korban bencana gempa dan trsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Plt Kepala Biro Protokoler, Kerjasama dan Komunikasi Publik Sekertariat Daerah (Setda) Malut, Armin Zakaria, di Ternate, Rabu, mengatakan, surat edaran yang dikeluarkan itu telah dikirimkan ke Bupati/Wali Kota dan instansi vertikal, pimpinan perbankan se-Malut untuk bisa menyalurkan sumbangan baik berupa uang maupun makanan dan minuman serta pakaian.

Edaran Gubernur nomor: 521.36/1258/G yang bersifat segera, ditetapkan di Sofifi, pada 2 Oktober 2018 yang ditujukan ke Bupati maupun Wali Kota, pimpinan instansi vertikal, pimpinan perbankan, forum BUMN, pelaku ekonomi dan usaha kecil, menengah dan besar, pimpinan SKPD di lingkup provinsi Malut, organisasi sosial politik, pemuda dan masyarakat.

Gubernur mengajak seluruh masyarakat Malut untuk sama-sama membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah yang saat ini sangat membutuhkan bantuan.

Sehingga, kata Armin, Gubernur Malut mengeluarkan edaran imbauan penggalangan bantuan bencana alam Palu, Sigi dan Donggala, Provinsi Sulteng.

Surat edaran imbauan yang dikeluarkan tersebut, sebagai bentuk solidaritas sosial dan simpati kemanusiaan terhadap derita saudara-saudara kita di Palu, Sigi dan Donggala yang mengalami musibah dan menjadi korban gempa bumi dan tsunami melanda wilayah itu.

Empat poin yang menjadi imbauan diantaranya kepada semua pihak baik pemerintah maupun swasta untuk meringankan beban penderitaan saudara kita di Sulawesi Tengah, dengan memberikan bantuan/sumbangan dalam bentuk barang yang dibutuhkan berupa, selimut, tenda, bahan makanan, obat-obatan, pakaian bayi, pakaian layak pakai dan peralatan mandi.

Agae lebih terpusat dan memudahkan proses pengirimannya, diharapkan bantuan dapat disampaikan ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Malut di Sofifi atau ke Posko BPBD Provinsi di Ternate yang beralamat di kawasan Hasan Esa Takoma.

Sebelumnya, Pemprov Malut membantu korban gempa bumi disertai tsunami di Palu dan Donggala dengan memberikan uang senilai Rp1 miliar.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018