Ternate, 11/10 (Antaranews Maluku) - PT Pertamina (Persero) MOR VIII - DPPU Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut) mengajak siswa SD Negeri 56 Kota Ternate untuk mengenal satwa Burung Kasturi di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Ternate.

"Kunjungan ke BKSDA Ternate ini merupakan kali kedua setelah bulan September dan dilaksanakan sebagai langkah memperkenalkan burung Kasturi kepada para siswa SD," kata Operation Head DPPU Babullah Ternate, Sularno di Ternate, Rabu.

Burung Kasturi merupakan satwa khas Maluku Utara yang terancam punah akibat perburuan dan memerlukan upaya pelestarian.

Oleh karena itu, Pertamina MOR VIII - DPPU Babullah Ternate melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) bekerjasama dengan BKSDA Ternate menjalankan program pemeliharaan, pemulihan, dan pemenuhan vitamin satwa-satwa langka yang dipelihara di kandang transit milik BKSDA.

Menurut dia, hewan yang dirawat dalam kandang transit ini merupakan satwa-satwa langka yang berhasil digagalkan dari upaya pemburuan satwa liar. Program pemeliharaan satwa liar oleh Pertamina dan BKSDA ini dilakukan sebagai upaya sebelum satwa liar tersebut dilepaskan kembali ke habitat aslinya di alam.

Sularno menjelaskan, bahwa DPPU Babullah Ternate di samping menjalankan bisnis utamanya sebagai penyedia bahan bakar pesawat udara di wilayah Malut, juga melaksanakan program PROPER yang salah satunya adalah pelestarian satwa endemik.

"Di setiap unit operasi, Pertamina mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan sekitar yang diwujudkan dengan berbagai program berkesinambungan bagi masyarakat dan lingkungan salah satunya adalah konservasi satwa langka atau endemik," katanya.

Bahkan, untuk program edukasi kepada siswa kali ini dilakukan dalam rangka memperkenalkan keberadaan satwa liar dan lingkungannya agar generasi muda untuk peduli alam dan menjaga alam ini sehingga bisa bertahan lama demi masa depan anak cucu dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Ternate, Abbas Hurasan ketika dikonfirmasi mengapresiasi langkah dari Pertamina dalam upaya mengedukasi siswa-siswa SD dalam pelestarian Burung Kasturi.

"BKSDA mengapresiasi kegiatan Pertamina DPPU Babullah yang mendatangkan siswa ke kantor kami dan tentunya membantu program kami juga dan satu tujuan sama yaitu memberikan edukasi keberadaan satwa langka di Maluku Utara agar para generasi penerus ini memiliki tanggung jawab moril menjaga dan meletarikan bersama ke depannya," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018