Ternate, 30/10 (Antaranews Maluku) - Polda Maluku Utara (Malut) menggelar operasi zebra dalam bentuk Operasi Harkamtibmas dengan mengedepankan kegiatan penegakan hukum disertai kegiatan preventif secara selektif prioritas untuk keamanan dan kelancaran serta ketertiban lalu lintas.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendri Badar di Ternate, Selasa, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan terhitung 30 Oktober hingga 12 November 2018 guna menekan tingginya tren pelanggaran lalu lintas di wilayah Malut yang mengalami kenaikan secara drastis.

Menurut dia, dalam operasi itu petugas diminta melaksanakan deteksi dini, penyelidikan, pengamanan dan penggalangan serta membuat perkiraan intelijen, melaksanakan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas dengan tilang dan e-tilang namun tetap simpatik dan selektif prioritas dengan bersikap senyum, sapa dan salam.

Selain itu, personel Lantas melaksanakan penindakan pada titik-titik atau ruas penggal jalan tertentu (troublespot dan blackspot) secara konsisten selama pelaksanaan Operasi dengan melaukkan penindakan pada titik ruas jalan troublespot dan blackspot tidak perlu dijaga 24 jam, namun dilakukan penindakan setiap saat dan sewaktu-waktu berdasarkan informasi yang diterima dari intelijen di lapangan.

Dalam operasi zebra ini, pihaknya melaksanakan publikasi dan sosialisasi tertib lalu lintas melalui media massa baik media elektronik maupun media cetak serta media sosial, melaksanakan kampanye, sosialisasi slogan keselamatan lalu lintas Bersatu Keselamatan Nomor 1 dan penyebaran leaflet, brosur dan pemasangan spanduk atau baliho masalah kamseltibcarlantas.

Hendri menyatakan, sesuai data, untuk tilang naik 67 persen yang mana pada tahun 2016 Polda Malut dan jajaran mengeluarkan tilang sebanyak 12.975 menjadi 21.570 pada tahun 2017, teguran naik 32 persen yang mana pada tahun 2016 Polda Malut dan jajaran memberikan teguran sebanyak 13.717 menjadi 18.160 pada tahun 2017.

"Ini merupakan komitmen Polda Malut dan jajaran serius untuk mewujudkan situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar serta meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah Malut dan hal tersebut terbukti dengan turunnya tren kecelakaan lalu lintas," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018