Ternate, 13/12 (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan memanfaatkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) setempat untuk mendatangkan kebutuhan pokok dari Surabaya, Jawa Timur.

"BUMD di Ternate akan menjaling kerja sama dengan BUMD di Surabaya, untuk memudahkan pengiriman kebutuhan pokok dari Surabaya ke Ternate," kata Sekertaris Kota Ternate, Tauhid Soleman di Ternate, Kamis.

Ternate selama ini harus mendatangkan sejumlah kebutuhan pokok dari luar Malut, khususnya dari Surabaya seperti beras, gula pasir, minyak goreng, terigu, ayam potong beku dan telur ayam ras, karena tidak bisa dipenuhi dari kabupaten/kota lainnya di Malut.

Menurut dia, adanya keterlibatan BUMD dalam mendatangkan kebutuhan pokok di Ternate diharapkan akan menjamin ketersediaan stok kebutuhan pokok di daerah ini yang pada gilirannya akan mewujudkan stabilitas harga.

Kebutuhan pokok di Ternate yang selama ini semuanya didatangkan para distributor dan agen terkadang mengalami kelangkaan yang kemudian mendorong naiknya harga akibat keterlambatan pengiriman pasokan dari Surabaya atau daerah lainnya yang dijadikan sumber pasokan.

Adanya keterlibatan BUMD dalam mendatangkan kebutuhan pokok di Ternate, kata Tauhid Soleman, juga diharapkan dapat mencegah adanya distributor atau agen yang sengaja menaikkan harga, terutama saat menghadapi hari besar keagamaan, karena BUMD akan selalu menjual sesuai harga standar.

Khusus untuk kebutuhan pokok berupa sayuran, selain akan diupayakan dari Ternate dengan mendorong petani setempat mengembangkannya, juga akan memanfaatkan produk dari kabupaten/kota lainnya di Malut seperti Halmahera Barat, Halmahera Timur dan Halmahera Utara.

Menyinggung stok dan harga kebutuhan pokok di Ternate menghadapi perayaan hari Natal dan Tahun Baru, ia mengatakan semuanya stabil bahkan khusus stok sejumlah kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir dan minyak goreng cukup untuk kebutuhan hingga awal 2019.

Sesuai pengalaman selama ini harga kebutuhan pokok yang melonjak menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru adalah telur ayam ras dan gula pasir, tetapi saat ini di pasaran Ternate khusus untuk telur ayam ras kenaikannya hanya Rp100 yakni dari Rp1.600 per butir menjadi Rp1.700 per butir.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018