Langgur, 18/1 (ANTARA News) - Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Renstra (rencana strategis) Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Maluku Tenggara 2019 - 2023, bertempat di Ballroom Aurelia Hotel Ohojang Langgur, Jumat.

"Kegiatan ini merupakan sebuah tahapan wajib dalam penyusunan renstra perangkat daerah sebagaimana di amanatkan dalam Peraturan Mendagri Nomor 86 tahun 2017," katanya.

Permendagri itu menyebutkan tujuan-tujuan dari pelaksanaan orientasi dan bimtek penyusunan renstra yaitu untuk penyamaan persepsi dan memberikan pemahaman terhadap berbagai peraturan perundang-undangan, berkaitan dengan perencanaan pembangunan nasional dan daerah.

Juga menyangkut keterkaitan dengan dokumen perencanaan lainnya, teknis penyusunan dokumen, dan menganalisis serta menginterpretasikan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah yang diperlukan dalam menyusun rencana strategis perencanaan daerah.

Tujuannya untuk mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang tepat proses dan tepat guna, sebagai bagian yang satu dan tak terpisahkan, dengan tujuan dan sasaran pembangunan di level pemerintah provinsi maupun pusat.

Artinya, perencanaan tingkat daerah harus selaras dan harmonis dengan tujuan pembangunan nasional yang secara holistik dan terintegrasi serta secara sinergis, mengupayakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Malra.

"Bimtek Perangkat Daerah dapat menjadi forum informatif, edukatif, dan interaktif antar peserta dan narasumber dalam rangka transfer knowledge dan transfer informasi baik berupa regulasi maupun isu-isu strategis, termasuk isu dan prioritas pembangunan visi dan misi Pemda," kata Thaher.

Dalam aspek regulasi, kata dia, perubahan lingkungan yang terjadi terus menerus mengakibatkan regulasi juga mengalami penyesuaian-penyesuaian, hal ini berarti Pemda dituntut juga untuk mampu menyesuaikan diri, selain terhadap lingkungannya, juga terhadap regulasinya.

"Saya berharap Bimtek ini benar-benar dapat dioptimalkan sebagai sarana belajar dan berbagi untuk kemajuan kita bersama, teristimewa untuk membawa Malra semakin maju dan berkembang menuju terwujudnya masyarakat Malra yang mandiri, cerdas, demokratis, dan berkeadilan," katanya.

"Semoga momentum ini dapat menjadi pendorong kita semua untuk semakin mampu memberikan pelayanan dengan segala ketulusan dan keikhlasan untuk daerah dan masyarakat Malra," katanya menambahkan.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019