Ambon, 9/2 (ANTARA News) - Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa mengingatkan masyarakat nelayan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk melestarikan penyu yang ada di daerah itu, tidak menangkap untuk dijual atau dikonsumsi.

"Makanya sekarang kalau ada jaring nelayan yang terkena penyu maka Pemkab bersama Polres setempat akan melakukan penyitaan penyu hidup agar bisa dilepaskan kembalikan ke laut," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat di Ambon, Sabtu.

Kapolda bersama Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Daerah Maluku dan rombongan telah melakukan kunjungan kerja ke Polres Kepulauan Tanimbar dan bersama pemkab setempat melepaskan kembali sembilan ekor penyu ke habitatnya.

"Kapolda bersama ketua Bhayangkari Daerah Maluku Swanly Royke Lumowa melepas sembilan ekor penyu di Pantai Lumasadu, Kecamatan Kormomolin di Kabupaten Kepulauan Tanimbar," jelas Kabid Humas.

Pelepasan penyu sebagai bentuk pelestarian satwa dilindungi ini berlangsung sekitar pukul 09.40 WIT dan penyu yang dilepas ini merupakan hasil tangkapan nelayan setempat saat mencari ikan.

Penyu-penyu ini awalnya diambil alih pemerintah kabupaten lalu diserahkan pemkab bersama ketua tim penggerak PKK kabupaten kepada Kapolda dan ketua PD Bhayangkari daerah untuk dilepaskan kembali ke laut.

Dikatakan, penyu yang kembali dilepaskan ke habitatnya ini ditangkap masyarakat Desa Matakus, Desa Wermatang dan Desa Oililit Raya.

"Nelayan maupun masyarakat Kepulauan Tanimbar memiliki kesadaran untuk melestarikan penyu, oleh karenanya setiap penyu yang didapat langsung diamankan dalam kondisi hidup kemudian diserahkan ke Polres setempat," ujarnya.

Setelah pelepasan penyu, kapolda bersama rombongan menuju Danau Lorulun, Kecamatan Wertamrian.

Kedatangan Kapolda bersama rombongan selain meninjau pembangunan lokasi wisata, juga melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam 1.000 anakan pohon Torim di lokasi tersebut.

Penyerahan bibit secara Torim secara simbolis diberikan Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar kepada Kapolda Maluku dan langsung dilakukan aksi penanaman pohon.

Sebelumnya kedatangan Kapolda bersama rombongan sebagai bagian dari kunjungan kerja ke daerah tersebut dan disambut meriah masyarakat bersama forkompinda setempat.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019