Ternate, 27/2 (ANTARA News) - Tokoh sepak bola di Maluku Utara (Malut), Subhan Kodja mengapresiasi keberhasilan Tim Nasional (Timnas) meraih juara Piala AFF U-22 setelah mengalahkan Thailand dengan skor 2-1.

Ditemui di kantornya di Ternate, Rabu, ia mengatakan, keberhasilan Timnas U-22 meraih juara AFF berkat racikan pelatih Indra Safri yang memiliki pengalaman dalam melatih para pemain-pemain muda.

Dia mengakui, meskipun salah satu anak didiknya Risval Lastori gagal perkuat timnas U-22 di Piala AFF, namun dirinya mengapresiasi perjuangan timnas dan menjuarai turnamen tersebut.

Dia menyatakan, pelatih Indra Sjafri sudah terbukti sukses mengawal timnas U-19. Kala itu, dua pemain yang dibesarkan di SSB Tunas Gamalama yakni Ilham Udin Armaiyn dan Mahdi Albaar masuk skuad inti dan ikut mengantar Indonesia menjuarai piala AFF U-19 tersebut.

"Karakter pemain dibangun dengan kebersamaan dan pantang menyerah, sehingga terbentuk satu tim yang solid, dari lini belakang, tengah dan depan merata. Bravo timnas U - 22 dan bravo Indra Safri," ujar mantan pemain Arema Malang era 1980-an tersebut.? ?

Subhan Kodja yang juga pelatih SSB Tunas Gamalama berhasil melahirkan pemain-pemain yang perkuat berbagai klub liga 2 maupun liga 1, bahkan tiga pemain yang dilahirkan diantaranya yakni Abduh Lestaluhu, Ilham Udin Armaiyn dan Mahdi Albaar pernah perkuat Timnas.

Selain ketiga pemainnya yang telah memperkuat timnas, sejumlah pemain yang telah bermain di Liga 1 dan Liga 2 Indonesia diantaranya Ardi Idrus (Persib Bandung), Anang Lestaluhu (Persija), Safruddin Taha (PSIS Semarang), Ruud Gulid A Yunus (PSPS), Sadam Hi Tenang (Persiraja, Mustakim Ohorela Martapura, Abdul Gamal (Mitra Kukar), Risman Midullah, Angga (Malang United), Wawan (Persema).

Subhan Kodja berharap pemerintah terus memperhatikan SSB di Ternate dengan pelatihan dan pengembangan, memperbanyak pertandingan, juga melengkapi fasilitas dan sarana prasarana.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019