Ambon, 28/2 (ANTARA) - Harga cabai dan bawang yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon mulai bergerak turun sejalan dengan lancarnya pasokan komoditas itu ke pedagang.

Hasil pantauan di pasar Mardika dan pasar Batu merah, Kamis, para pedagang mematok harga bawang merah Rp30.000 per kilogram, atau turun dari sebelumnya Rp35.000, sedangkan bawang putih Rp24.000 atau turun dari sebelumnya Rp26.000 per kilogram.

Sedangkan untuk cabai rawit di patok harga Rp35.000 atau turun dari sebelumnya Rp40.000 per kilogram, dan cabai keriting panjang masih tetap normal yakni Rp35.000 per kilogram.

Rustam pedagang pasar Mardika yang menjual bawang maupun cabai ketika dikonfirmasi mengakui kalau sudah dua hari ini bergerak turun, hanya saja tidak merata.

"Masalahnya, teman-teman pedagang ini membeli dari para pemasok yang berbeda-beda, bahkan ada juga yang membeli dari petani lokal terutama cabai rawit juga dengan harga yang berbeda, itu masalahnya," katanya.

Jadi meskipun harga mulai bergerak turun akibat pasokan di pasar cukup banyak, lanjutnya, ditambah arus pasok juga lancar tetapi pembelian dari agen atau penada harga tidak merata.

Rustam mengatakan, hal seperti ini juga terjadi pada bawang merah maupun bawang putih, harga beli dari para agen pemasok juga tidak sama, hal ini disebabkan para pemasok terutama mendatangkan dari pulau Jawa juga dari sentra produksi yang berbeda-beda.

"Ada dari Surabaya, Probolinggo, Makasar dengan kualitas bawang juga yang berbeda yang mempengaruhi harga," ujarnya.

Hanya saja harga yang diterapkan sekarang ini juga masih dalam tingkat kewajaran, sebab masih bisa dijangkau oleh para pembeli.

"Mudah-mudahan harga cabai maupun bawang yang sekarang ini bisa terus bertahan hingga bulan Mei, dimana bulan Mei umat muslim sudah mulai masuk dalam bulan suci ramadhan," katanya.

Inang seorang pemasok bawang dari Surabaya yang ditemui di toko miliknya mengakui kalau sekarang ini harga bawang agak membaik sedikit mengalami harga turun, kalau bawang merah para pedagang mematok harga Rp30.000 atau Rp32.000 itu sudah wajar, sebab harga kotor (bawang belum dibersihkan) harganya Rp23.000 per kilogram, sedangkan bawang putih harga kotor Rp19.000 per kilogram.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019