Ternate, 1/3 (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut) mengajak wisatawan dari dalam dan luar negeri berkunjung ke Objek Wisata Pogo-Pogo untuk menyaksikan berbagai kekhasan daerah itu.

"Kekhasan di Objek Wisata Pogo-Pogo yang bisa disaksikan wisatawan di antaranya yaitu pantainya yang eksotik dan taman lautnya yang indah," kata Sekertaris Kabupaten Halmahera Selatan, Helmi Surya Botutehe di Labuha, Kamis malam.

Taman laut di Objek Wisata Pogo-Pogo tidak kala indah jika dibandingkan dengan yang ada di Raja Ampat, Papua Barat, baik dari segi keragaman terumbuh karang maupun jenis ikannya.

Menurut dia, kekhasan lain yang dimiliki Objek Wisata Pogo-Pogo dan dipastikan memberi sensasi kepada wisatawan yang menyaksikannya adalah adalah air terjun dan pulau kecil yang dihuni ribuan kelalawar.

Bagi wisatawan yang suka memancing, perairan Objek Wisata Pogo-Pogo menawarkan pula kenikmatan memancing, karena di perairan itu banyak jenis ikan yang biasa dicari para pemancing seperti aneka jenis ikan karang yang berukuran besar, seperti ikan kakap.

Pemkab Halmahera Selatan, kata Helmi Surya Botutehe, telah membangun berbagai infrastruktur di Objek Wisata Pogo-Pogo, seperti resort untuk akomodasi bagi wisatawan, fasilitas air bersih dan telekomunikasi.

Untuk mencapai Objek Wisata Pogo-Pogo relatif muda, yakni dari Labuha menggunakan speedboat selama 45 menit, sementara untuk ke Labuha tersedia transportasi udara dan transportasi laut dari Ternate.

Ia menambahkan masih banyak objek wisata lainnya di Kabupaten Halmahera Selatan yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, seperti objek bahari di Pulau Sali yang kini dikelola investor dan Pulau Widi yang mulai dikelola investor.

Selain itu, Objek Wisata Gura Ici, Pulau Bubating dan berbagai objek wisata peninggalan sejarah di Labuha, seperti benteng peninggalan kolonial dan hutan karet yang ditanam Belanda saat menjajah wilayah itu.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019