Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon melakukan distribusi logistik Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) ke 50 desa dan kelurahan di Ambon.

"Distribusi logistik dimulai hari ini ke kecamatan Baguala dan sebagian kecamatan Sirimau dengan pengawalan Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease dan Bawaslu Kota Ambon," kata Ketua KPU Kota Ambon M.Shadek Fuad, Senin.

Ia mengatakan, setelah dilakukan proses pengepakkan seluruh logistik dimasukkan ke dalam kotak suara untuk dilakukan proses distribusi ke desa dan kelurahan.

Proses pengepakkan berupa alat kelengkapan TPS, baik karet pengikat, kantong plastik besar, alat coblos, hingga tinta.

Sedangkan, surat suara, sampul, dan formulir juga harus berada dalam kotak suara. Logistik yang berada di luar kotak suara di antaranya, tanda pengenal, spidol, lem perekat, bolpoin, Daftar Calon Tetap (DCT), salinan DPT, DPTB, DPK, hingga bilik suara.

"Seluruh logistik tersebut dipastikan lengkap sehingga ketika tiba di setiap TPS tidak terjadi kekurangan. Distribusi yang dilakukan setelah kecamatan Baguala dan Sirimau, kita akan lanjutkan besok hari ke sebagian kecamatan Sirimau, Teluk Ambon dan kecamatan Nusaniwe, " katanya.

Shadek mengatakan, pihaknya sementara menunggu surat suara pengganti yang rusak dalam proses pengiriman dan akan tiba di Ambon siang ini.

"Surat suara pengganti dipastikan tiba siang ini di Ambon, setelah surat suara tiba, akan dilanjutkan dengan proses sortir dan pelipatan untuk melengkapi surat suara yang rusak tersebut," ujarnya.

Ia mengakui, surat suara yang rusak sebanyak dua persen dari total surat suara yang diterima Kota Ambon.

"Kita akan berupaya dalam satu hari proses sortir dan pelipatan surat suara selesai, sehingga besok (Selasa) dapat dilakukan distribusi ke desa dan kelurahan," tandasnya.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019