Panitia Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menyatakan, dari 2.735 peserta untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Ternate, Maluku Utara sebanyak 10 peserta diantaranya dilaporkan tidak mengikuti UNBK.

"UNBK yang dimulai pada 22 April sampai 23 April 2019, jumlah peserta UNBK 2.746 dan mengikuti UNBK hanya 2.735 peserta dan yang tidak mengikuti UNBK 10 orang, terdiri dari laki-laki enam orang dan empat perempuan," kata Ketua Panitia UNBK Kota Ternate, Ikhsan Husen di Ternate, Rabu.

Menurut dia, peserta yang tidak mengikuti UNBK sebanyak 10 orang, yang berada di enam Sekolah yakni, SMPN 5 Kota Ternate dari 155 peserta yang mengikuti UNBK 154, SMPN 6 Kota Ternate dari 222 yang mengikuti UNBK 218 peserta, SMPN 7 Kota Ternate dari 310 peserta yang mengikuti 308 peserta.

SMPN 4 Kota Ternate dari 148 peserta yang mengikuti 247 peserta UNBK, SMP Muhammadiayah 1 Kota Ternate dari 101 yang mengikuti 100 peserta UNBK, SMP Al-Irsyad Kota Ternate dari 21 peserta yang mengikuti 20 peserta UNBK.

Menurut Ikhsan, dari 10 peserta UNBK yang tidak mengikuti ujian, sebenarnya mereka ini sudah pindah sekolah tapi tidak dicabut nomor validasinya di sekolah awalnya dan yang tidak hadir ini dikatakan permanen.

Artinya, mereka sudah pindah sekolah, tapi namanya masih ada di tersebut, sehingga tidak jadi masalah bagi pihak sekolah.

Selain itu, sesuai hasil pantauan, panitia UNBK di setiap sekolah pagi sejak kemarin, hanya di SMPN 6 Kota Ternate, selama 20 menit, tapi sudah bisa diselesaikan dengan baik dan peserta UNBK pun bisa mengikuti ujian kembali.

Olehnya itu, peserta yang masih aktif mengikuti UNBK, maka diimbau, fokus belajara dan menjaga kesehatan agar bisa menyelesaikan Ujian yang dilaksana dua hari ini sampai selesai hari Kamis (25/4), supaya bisa mendapat nilai yang baik untuk masuk di jenjang berikutnya.

"Kami mengimbau kepada orang tua murid, harus menjaga anak mereka dengan baik agar bisa diselesaikan ujian mereka, karena kesehatan sangat penting buat peserta ujian," katanya.


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019