Regu penyelamat dari Pos SAR Tual menemukan speed boat berpenumpang empat orang yang dilaporkan mati mesin saat dalam pelayaran dari Tanjung Burang menuju pelabuhan Kota Tual.

"Awalnya diterima informasi dari salah satu korban pada pukul 17.57 WIT kalau speed boat yang ditumpangi mereka mengalami mati mesin di tengah laut sehingga salah satu korban menghubungi kantor SAR meminta bantuan," kata Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin di Ambon, Rabu malam.

Saat menerima informasi, regu penyelamat dari Pos SAR Tual dikerahkan menggunakan Kapal Negara (KN) SAR 242 Bharata menuju lokasi pencarian dan berhasil menemukan speed boat tersebut sedang terapung di laut dan dalam posisi gelap gulita.

KN SAR 242 Bharata bertolak dari pelabuhan Tual sekitar pukul 18.15 WIT dan menempuh perjalanan sekitar 7 mil laut sampai akhirnya menemukan speed boat dan empat penumpangnya dalam kondisi selamat.

Empat penumpang tersebut masing-masing Kifly (50), Hasan (56), Darusalam (48) serta seorang bocah perempuan berusia 15 tahun bernama Wulan.

Sedangkan speed boat yang ditumpangi empat orang ini berukuran panjang 13 meter dan lebar 1,15 meter berwarna biru dan menggunakan satu unit mesin mopel 40 PK.

"Kami menerima informasi dari ABK KN Sar Bharata bahwa pada pukul 18:53 WIT, speed boat dengan POB empat Orang sudah ditemukan selamat dan di dievakuasi menggunakan dengan kapal SAR tersebut menuju dermaga Pelabuhan Perikanan Tual," kata Muslimin.

Selanjutnya pada pukul 21.00 WIT, Team Rescue Pos SAR Tual bersama ABK KN SAR Bharata telah selesai melaksanakan operasi SAR, sehingga dengan demikian operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019