Pemerintah kabupaten(Pemkab) Halmahera Selatan(Halsel), Maluku Utara  berkomitmen dan fokus untuk membangun infrastruktur kawasan ekonomi pasar modern dalam rangka merealisasikan visi misi dalam pengembangan ekonomi masyarakat, meskipun dengan keterbatasan anggaran pemerintah daerah.

Bupati Halsel, Bahrain Kasuba yang dihubungi dari Ternate, Senin, mengatakan pemerintah daerah mendapat pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp150 miliar yang akan digunakan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur, salah satunya pasar modern dengan nilai Rp60 miliar.

Ia mengatakan untuk item kegiatan pembangunan pasar modern yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas yakni, pasal modern semi mall, pasar basah, pasar kering, kantor pengelolaan pasar, fasilitas terminal, dan sarana ibadah. Pembangunan pasar modern semi mall yang terpusatkan di kawasan ekonomi, akan menjadi kebanggan masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan.

Hal ini merupakan upaya pemerintah daerah dibawa kepemimpinan Bahrain Kasuba dan Iswan Hasyim, selain membangun kawasan ekonomi, pemerintah daerah juga berupaya mempercantik wajahnya kota dengan penempatan kawasan sesuai tata ruang kota.

Sementara itu, Kepala Bidang Tata Kota Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPPLHK) Halmahera Selatan Irwan Hi. Mustafa dihubungi menyatakan, proyek desa Tuokona-Panamboang Kecamatan Bacan Selatan untuk progress pekerjaan sudah mencapai 40 persen.

Irwan menjelaskan, pembangunan pasar modern semi mall yang berlokasi di desa Tuokona-Panamboang Kecamatan Bacan Selatan dengan luas areal 5 hektare, yang dikerjakan oleh PT Citra Prasastri Koncerindo, mulai dikerjakan sejak Desember 2018 dan ditargetkan selesai pada Desember 2019.

"Pekerjaannya ditargetkan satu tahun selesai, karena ini sebagai bukti Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba, untuk membangun pusat ekonomi di Ibukota Kabupaten Halmahera Selatan, sebagai kawasan ekonomi," ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019