PT ASDP Indonesia Ferry (persero) Cabang Ternate mengatur strategi dalam mengatasi masalah lonjakan penumpang mudik jelang lebaran dengan menyiapkan armada yang akan melintasi berbagai pelabuhan di wilayah Maluku Utara dan Pulau Sulawesi.

Kepala PT ASDP Indonesia Ferry (persero) Cabang Ternate, Imran Umar Batubara di Ternate, Senin, mengatakan, hadapi mudik lebaran ASDP akan menyiapkan sebanyak sembilan armada yang berada di lintasan Maluku Utara.

Namun, lanjut Imran Umar Batuara, hal yang menjadi fokus yakni lintas Bationg-Rum, Bastiong-Sofifi, Ternate-Bitung, serta terdapat juga satu lintasan yang harus diantisipasi yaitu Bastiong-Makian.

ASDP juga berkoordinasi dengan Polair, Dishub, Basarnas, TNI, Polri, BMKG, Jasa Raharja, KSOP, Lantas, ASDP, Beacukai, membahas mudik menjelang Lebaran 2019.

Sedangkan untuk mempersiapkan areal pelabuhan akan di buat pos terpadu yang dimulai dari H-7 karena di area bastiong akan disiapkan lima kapal dan ditambahkan dua kapal dari swasta agar bisa melayani masyarakat yang mudik berjalan dengan aman dan lancar.

"Kami akan dibantu dengan pihak Polri dan TNI untuk menjaga keamanan di area pelabuhan agar bisa memeriksa barang-barang bawahan penumpang, begitu juga dengan keselamatan penumpang menjelang lebaran," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa sejumlah lintasan yang berpotensi bakal mengalami kelonjakan penumpang, terutama rute Bastiong - Rum, begitu juga dengan rute Bastiong-Sofifi .

Dia menambahkan, untuk lahan parkir sendiri, akan disiapkan tempatnya masing-masing kendaraan mau itu beroda, dan beroda empat dan juga pejalan kaki, supaya bisa melalui satu arah ke kapal yang di tuju oleh penumpang.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019