Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Ambon melakukan aksi "Kalesang" yakni menjaga serta merawat lingkungan menyongsong hari pramuka nasional ke-58.

"Aksi bersih lingkungan merupakan salah satu kegiatan dalam rangka pencanangan hari Pramuka ke-58," kata Sekretaris kota Ambon selaku Ketua Kwarcab Ambon, Anthony Gustaf Latuheru di Ambon, Jumat.

Ia menambahkan, aksi bersih lingkungan merupakan tugas seluruh masyarakat untuk menjaga kota ini tetap bersih, indah dan nyaman.

"Ini adalah tugas kita bersama untuk menjaga Ambon tetap bersih, indah dan rapih. Hal ini yang mendasari kita melakukan kegiatan hari ini," ujarnya.

Ia menyebutkan, kegiatan ini juga merupakan perwujudan dari butir ke-Dasa Dharma Pramuka yaitu, 'Cinta Alam, Kasih Sayang Sesama Manusia'.

Rangkaian memperingati hari pramuka yakni untuk tingkat Siaga, acara pembukaan dan penutupan latihan, untuk tingkat Penggalang, acara Hiking dan Wild Camp, sedangkan tingkat Penegak dan Pendega akan dilaksanakan Perkemahan Wira Karya terbuka.

Puncak peringatan Hari Pramuka 14 Agustus 2019 akan diadakan perkemahan besar pramuka yang dilakukan di Bumi Perkemahan Louheru.

"Selaku Ketua Kwarcab Kota Ambon, saya mengundang seluruh anggota pramuka Kota Ambon untuk mengikuti perkemahan besar pramuka tahun 2019," ujarnya.

Pencanangan hut pramuka ditandai dengan penyerahan anakan tunas pohon kelapa, yang merupakan simbol bahwa setiap anggota pramuka sebagai tunas muda harapan bangsa, akan tumbuh berkembang menjadi anak-anak yang mampu mengembangkan kariernya menjadi anak-anak yang berkualitas di Ambon.

Setelah melakukan pencanangan, anggota pramuka yang berjumlah kurang lebih 1.000 anak menuju lokasi yang telah ditetapkan untuk melakukan pembersihan lingkungan.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019