Kementerian Pertahanan(Kemenhan)  RI kantor Wilayah Provinsi Maluku Utara(Malut) menyelenggarakan Lomba Parade Cinta Tanah Air 2019 tingkat Perguruan Tinggi dan SLTA/sederajat, untuk menyemarakkan hari Kemerdekaan RI ke-74.

"Lomba PCT tahun 2019 ini mengusung tema mewujudkan semangat generasi muda yang cinta tanah air dan bela negara sebagai dasar penggerak industri kreatif," kata Plt Kepala Kanwil Kemenhan Provinsi Malut, Kolonel Mar Rahmat Djunaidi melalui siaran pers yang diterima Antara, Rabu.

Dia mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk membina mahasiswa dan siswa untuk mewakili Provinsi Malut pada parade cinta tanah air  2019 dan momentum dalam merayakan HUT RI.

"Kami mengharapkan ada sesuatu yang baru di Tobelo, kabupaten Halmahera Utara (Halut) di mana selama ini kita melaksanakan di Ternate, ibu kota provinsi Malut," katanya.

Dikatakannya, banyak ade-ade yang minder apabila berhadapan dengan kota besar, karena dalam kegiatan ini peserta terdiri dari 21 tim dari Halut dan dua tim dari luar Halut.

Sebab, pada 2020 , Kemenhan melihat Halut sebagai percontohan pelaksanaan Kader Bela Negara.

Sedangkan,  Bupati Halut  Frans Manery dalam sambutanya mengatakan, ini adalah sebuah momentum yang luar biasa, dilaksanakan oleh Kemenhan Perwakilan Provinsi Malut dan semangat juara memang masih kecil, mudah-mudahan lomba yang dilaksanakan ini dapat menambah semangat para generasi muda.

"Bagaimana kita menumbuhkan semangat kreatif generasi muda, agar generasi muda tidak hanya berpikir untuk menjadi pekerja atau karyawan," ujarnya.

Kegiatan dihadiri oleh Plt. Ka Kanwil Kemhan Provinsi Maluku Utara Kolonel Mar Rahmat Djunaidi, Bupati Halmahera Utara Ir Frans Manery, Dandim 1508/Tobelo, Letkol Kav Tri Sugiarto, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Robi Manuel, Kasatpol PP Pemkab Halut, staf Kemhan Wilayah Provinsi Maluku Utara, para Juri, guru pendamping, para peserta.

Dalam kegiatan tersebut Juara 1 SMAN 6 Halut dengan membawakan produk hasil pengolahan beras dengan bahan dasar dari Talas (Bete), Juara 2 SMAN 1 Halut dengan membawakan produk olahan Teh dengan bahan dasar dari Jahe, sementara Juara 3 yaitu SMAN 1/Kota Ternate membawakan produk  ikan Ngafi rempah.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019