Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  Partai Golkar Maluku Utara (Malut) menyatakan sebanyak delapan DPD Partai Golkar di kabupaten/kota yang akan menggelar pemilihan kepala daerah serentak pada 2020 telah membuka penjaringan dan pendaftaran bagi bakal calon (balon) Bupati/ Wali  Kota secara gratis.

"Kami telah meminta seluruh DPD II membuka penjaringan, kemudian disurvei kelayakannya untuk mendapat dukungan Partai Golkar pada pilkada di delapan kabupaten/kota minus Halmahera Tengah dan Morotai," kata Ketua DPD I Partai Golkar Malut, Alien Mus kepada Antara, Kamis.

Menurut dia, seluruh mekanisme tahapannya akan diatur masing-masing DPD kabupaten/kota, sehingga Partai Golkar bisa mengusung bakal calon yang memiliki elektabilitas tinggi.

Oleh karena itu, dirinya berharap para balon yang akan bertarung di Pilkada 2020 harus dekat dan mampu meraih hati rakyat, sehingga mendapat dukungan dalam pertarungan di pilkada nanti.

Dia juga mempersilahkan sejumlah kader terbaik Partai Golkar yang akan bertarung di pilkada untuk ikut penjaringan dan memiliki elektabilitas.

Sejumlah kader Partai Golkar yang disebut-sebut maju di delapan kabupaten/kota seperti Kabupaten Halmahera Selatan Umar Hi Soleman, Kabupaten Pulau Taliabu petahana Aliong Mus, Kepulauan Sula, Nurohmah yang juga istri mantan Ketua DPP Golkar Ahmad Hidayat Mus, Halmahera Utara petahana Frans Manery, Halmahera Timur ada petahana, Muhdin, Halmahera Barat Zakir Mando dan Kota Ternate Hasan Bay.

Sedangkan, di Halmahera Utara, menjelang agenda Pilkada 2020 mendatang, sejumlah tokoh politik sudah mulai membangun konsolidasi untuk pasangan calon yang bertarung di periode berikutnya.

Pertemuan para tokoh politik papan atas untuk Bumi Hibualamo, di antaranya, Ketua DPD II Golkar Halut Frans Manery, Ketua DPC Demokrat Halut Yulius Dagilaha, Ketua DPC Hanura Sahril Hi Rauf Halut, Ketua DPC PKB Halut Irfan Soekonae.

Selain itu, Ketua OKK DPC Demokrat Halut Janlis Kitong, Kader DPD II Golkar Halut Josias Me dan Hein Namotemo selaku mantan Bupati Halut dua periode.

Ketua DPD Golkar Kabupaten Halmahera Utara Frans Manery ketika dihubungi mengaku pertemuan yang dilaksanakan dengan para senior tokoh politik untuk membicarakan kepentingan pasangan calon pilkada di Halut, dimana partai yang akan berkoalisi nantinya mendorong dua pucuk pimpinan dari legislatif dan eksekutif untuk maju bertarung pada Pilkada 2020.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019