Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa bersama PangdamXVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq melaksanakan kegiatan gowes dari Kota Masohi hingga ke tempat wisata tebing Makariki, kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah.

"Gowes yang dilakukan bersama masyarakat ini sekaligus guna memastikan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 20 Oktober mendatang," kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Roem Ohoirat di Ambon, Jumat.

Kegiatan bersepeda yang dipimpin Kapolda, Pangdam, serta Bupati Malteng dan diikuti pejabat utama TNI-Polri serta masyarakat Malteng.

"Gowes Harkamtibmas dengan jarak tempuh sekitar 127 Km ini guna menyukseskan pelantikan Presiden dan Wapres yang akan berlangsung 20 Oktober nanti di Jakarta," tandasnya.

Garis starnya dimulai dari Markas Komando Brigif 27/Nusa Ina, Waipo melintasi Dusun Sion, Desa Makariki, Amahai, dan selanjutnya menuju Desa Rutah, Sepa, Tamilouw, hingga ke Desa Tehoru (kecamatan Tehoru).

Dalam kegiatan ini sekaligus juga dilakukan penyerahan bantuan dari Kapolda dan Pangdam kepada para korban gempa di kecamatan Amahai dan kecamatan Tehoru.

"Kapolda bersama Pangdam juga menyerahkan bantuan paket olahraga kepada masyarakat dan pemuda di setiap desa yang dilalui oleh rombongan gowes," kata Kabid Humas.

Selanjutnya dalam rombongan tersebut yang terdapat tenaga medis melakukan pengobatan dan pemeriksaan secara gratis dilaksanakan diwilayah kecamatan Tehoru.

"Pengobatan gratis, kemudian pelayanan KB dan pelayanan pemeriksaan laboratorium sederhana kepada masyarakat. Pengobatan itu dilaksanakan oleh Polda dan Dinas Kesehatan Maluku Tengah," terangnya.

Dengan membudayakan bersepeda, kesehatan terjaga dan terpelihara dan budaya ini tentunya akan berkontribusi besar bagi terjaganya udara yang bersih dan bebas polusi.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019