PT Pelayaran Nasional (Pelni) menyatakan, aktivitas pelayaran dari berbagai daerah di Maluku Utara (Malut) dan kota lainnya di Indonesia normal, terutama dalam pelayanan dan kenyamanan bagi penumpang.

Kepala Cabang Pelni Ternate, Oskar di Ternate, Selasa, mengatakan, PT Pelni intensif terutama dalam mempersiapkan armada, meskipun, di Kota Ternate tidak terlalu signifikan untuk lonjakan penumpang.

Menurut dia, ada lima armada yang selalu siap dioperasikan terutama KM Tatamailau beroperasi di Pelabuhan Tidore dan 4 armada stay di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate yaitu, Dorolonda, Sinabung, Sangiang dan Lambelu.

Sedangkan, menjelang Hari Raya Natal dan menyambut tahun baru (Nataru) 2020, terutama kunjungan berbagai daerah di Malut yang hendak mengunjungi di daerah yang dituju, terutama bagi penumpang Kota Ternate yang akan ke daerah asalnya untuk merayakan Natal di daerah mereka masing-masing.

Olehnya itu, PT Pelni (Persero) cabang Ternate melakukan peningkatan pelayanan bagi penumpang yang telah disiapkan 5 Unit Kapal Pelni menjelang Natal dan Tahun Baru 2020.

"Untuk penambahan armada kemungkinan tidak ada, karena angka penumpang dari kota Ternate tidak terlalu signifikan terkecuali untuk Papua dan Kota Bitung serta Manado," ujarnya.

Dia mengaku, kondisi kapal Pelni yang ada saat ini masih dalam keadaan baik, artinya tidak ada yang terjadi kerusakan pada mesin kapal dan sebagainya, sebab, lima kapal yang disiapkan sudah melalukan docking sesuai standar Internasional, baik itu dari kenyamanan dan perlengkapan yang ada di setiap kapal, serta pemeriksaan sekoci.

"Sehingga, kesiapan armada selalu disiapkan oleh Pelni karena keselamatan penumpang lebih diutamakan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kota Ternate, Taher Laitupa mengakui, dari segi pengawasan, dirinya selalu berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini pengawasan demi kenyamanan diatas kapal.

Dia menyebutkan, untuk sebelumnya pihak KSOP sudah melalukan Rakor terkait menyambut natal dan tahun baru, tetapi di bulan Desember mendatang penumpang tidak terlalu signifikan, terutama dalam lonjakan penumpang.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019