Wakil Duta Besar Indonesia untuk Belanda, Fikry Cassidy mengatakan, hubungan kerja sama sister city(kota ke,mbar) Ambon -Vlissingen harus menjadi contoh bagi kota lain di Indonesia.

"Hubungan kota kembar ini membawa dampak besar bagi masyarakat dan pembangunan kedua kota, karena itu kerja sama harus menjadi contoh," katanya saat melakukan pertemuan bersama Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Denhaag, Rabu.

Ia mengatakan, kedutaan mengapresiasi kerjasama dua kota kembar ini dan berjanji mengawal hubungan Ambon-Vlissingen,

Kedutaan mencatat ini hubungan sister city yang positif karena memberiikan dampak besar bagi peningkatan kesjahteraan.

"Pemkot Ambon bersama Pemerintah Vlissingen melaksanakan kewajiban, sementara Kedutaan mewakiili Pemerintah memberikan pendampingan," katanya.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan, trend perkembangan dunia saat ini setiap kota lebih memikirkan kota masing-masing.

"Ambon-Vlissingen telah membangun hubungan antar kota yang jauh menguat sejak beberapa puluh tahun lalu dan berdampak besar hingga hari ini," katanya.

Sejumlah bidang kerjasama yang telah dikembangkan, yaitu kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.

Dikatakannya, pihak kedutaan juga akan mendorong terutama komponen maupun stakeholder di Belanda untuk berpartisipasi secara maksimal dalam festival yang akan dilaksanakan di Kota Ambon.

Partisipasi yang akan didukung yang akan dilaksanakan yakni Visit Ambon 2020.

Kedutaan juga telah bersedia menyurat Kementerian Perhubungan terkait jalur perhubungan penerbangan maskapai Garuda yang tidak langsung, karena hal itu tidak menguntungkan bagi pasaran Eropa.

"Selama ini jalur penerbangan ke Amsterdam harus melalui Medan, Denpasar, Jakarta. Hal ini tidak menguntungkan masyarakat khususnya masyarakat Maluku di Eropa yang ingin mengunjungi Ambon. Ini sangat merugikan apalagi menyambut Visit Ambon 2020," katanya.

Ditambahkan Wali kota, kedutaan memberikan apresiasi dan dukungan kepada Pemkot Ambon, sama seperti Menteri Luar Negeri yang memberikan catatan atas hubungan kerjasama Ambon-Vlissingen.

"Hubungan kerjasama ini akan menjadi contoh bagi kota lain di Indonesia untuk membuka hubungan sister city dengan negara lain, karena sangat memberikan manfaat besar," ujarnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019