Dua kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di jalan raya yang berbeda waktu dan lokasi kejadian di Kota Ambon pada 28 Desember 2019 menyebabkan seorang warga meninggal dunia dan satu lainnya luka-luka.

"Yang pertama adalah kejadian laka lantas tunggal di ruas Jalan J. Syaranamual tepatnya di Dusun Kate-Kate, Desa Hunuth Kecamatan Teluk Ambon," kata Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, Iptu Julkisno Kaisupy di Ambon, Sabtu.

Laka lantas tunggal yang terjadi pada pukul sekitar pukul 08:20 WIT ini dialami pengendara mobil nomor polisi N 1530 RL atas nama Mara Assel bersama rekannya Alvia Adwah.

Menurut keterangan pengendara mobil, mereka bergerak dari arah  Desa Poka Kecamatan Teluk Ambon ke arah Desa Waiheru namun setelah sampai di lokasi kejadian, Mara Asel tidak dapat mengendalikan laju kendaraannya dikarenakan mengantuk sehingga menabrak pembatas jalan dan mobil  terjatuh di tengah-tengah selokan.

Akibat kejadian tersebut pengendara mobil mengalami pusing, namun tidak ada yang terluka dalam musibah tersebut.

Kemudian laka lantas kedua terjadi sekitar pukul 12:00 WIT, bertempat di ruas Jalan Ir. M. Putuhena Negeri Rumahtiga Kecamatan Teluk Ambon, tetapnya di depan Politeknik Ambon, antara mobil Toyota Fortuner warna Hitam DE 1122 AJ dengan motor Yamaha ZR warna Merah Hitam.

Pengemudi mobil diketahui bernama Arief Burhanudin (56), sedangkan pengendara sepeda motor yakni Husein Fajri Borut (20) yang mengalami luka berat dalam insiden tersebut.

Sementara rekan Husein bernama Aisah (33) yang sementara dibonceng langsung meninggal dunia di lokasi kejadian.

"Ketika mobil Fortuner bergerak dengan kecepatan tinggi dari arah Laha menuju ke Kota Ambon dan setibanya di lokasi kejadian di depan Fakultas Teknik Unpatti, mobil yang dikemudikan hilang kendali menabrak trotoar yang berada di ruas kiri jalan," jelas Julkisno.

Akibatnya mobil keluar badan jalan masuk ke lorong sebelah kiri jalan dan menabrak pengendara serta boncengan dan sepeda motor.

Saat itu boncengan dan sepeda motor masuk ke dalam selokan, sementara pengendara terseret oleh mobil hingga  berhenti di depan kios yang berada di depan Fakultas Teknik.

Akibat kejadian tersebut, pengendara mengalami luka robek pada kepala dan tidak sadarkan diri, sementara boncengan juga mengalami luka berat dan keduanya dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Tantui untuk mendapatkan perawatan medis, namun beberapa menit kemudian boncengan meninggal dunia.


 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019