Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas instansi dalam rangka kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 yang berlangsung di delapan kabupaten/kota di daerah ini.

"Kunci Keberhasilan Pilkada serentak ditentukan oleh pihak penyelenggaraan terutama KPU, Bawaslu dan aparat keamanan tentunya, TNI-Polri, Satpol PP dan Linmas berperan dalam pengamanan, tokoh agama juga memiliki peran besar dalam mempengaruhi masyarakat serta media masa sangat penting bagaimana  dapat mendinginkan situasi masyarakat melalui media sosial," kata Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto di Ternate, Rabu.

Dalam Rapat Lintas Instansi ini Kapolda menyampaikan berkaitan dengan Pilkada serentak ini ada beberapa Elemen yang bertanggung jawab dalam Keberhasilan Kegiatan tersebut diantaranya penyelenggara, pengamanan, tokoh agama, Instansi Terkait dan media massa.

Dia mengarahkan, dalam menghadapi Pilkada serentak ini apabila ada kendala hendaknya berkordinasi untuk mencari solusinya.

Sedangkan, Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba menyatakan, semua kendala dalam pelaksanaan pemilu ini agar dapat secepatnya diselesaikan. Karena itu, KPU maupun Bawaslu diharapkan dapat menjadi pihak yang netral di Pilkada 2020.

Dia juga memandang perlu memngingatkan, menjelang Pilkada akan banyak berita-berita hoax untuk itu kita harus bijak dalam menghadapinya.

"Semoga untuk semua kendala dalam Pemilu ini dapat segera di selesaikan. Pihak KUPU maupun Bawaslu diharapkan menjadi pihak yang netral dalam Pilkada  2020 serta penyebaran berita hoaks yang sudah sangat sering terjadi apalagi menghadapi Pilkada ini kita harus dapat menghadapinya dengan bijaksana," tandas Gubernur.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020