Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ambon membantu penyaluran air bersih bagi warga kota yang mengalami masalah kekurangan air bersih.

Penyaluran air bersih akan dilakukan sebanyak 10 kali di sejumlah kawasan di kota Ambon diantaranya Kayu Tiga dan Batu Merah, kata ketua PMI Kota Ambon, Edwin Pattikawa.

"Kegiatan ini merupakan bagian program kerja PMI, penyaluran air bersih dilakukan 10 kali dan hingga hari Rabu kemarin merupakan kali ke tujuh penyaluran, " ujarnya di Ambon, Kamis.

Kegiatan ini, tambah dia bentuk pelayanan sosial yang merupakan salah satu program kerja pengurus PMI periode 2019 hingga 2024 pasca dilantik Oktober 2019.

Penyaluran air bersih, dilakukan tiga kali dalam seminggu.

"Rencananya hari Senin pekan depan, kita kembali akan menyalurkan air bersih untuk dua kelurahan, dan pembagiannya dilakukan saat perayaan HUT Damkar dan Pol PP, " ujarnya.

Edwin menjelaskan, penyaluran air bersih dilakukan karena kurangnya debit air akibat musim kemarau yang berujung pada krisis air bersih di beberapa lokasi di wilayah Kota Ambon.

"Dengan slogan kemanusiaan diatas segala-galanya, kami akan terus memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, " katanya.

Sejauh ini, pihaknya merencanakan penyaluran air sebanyak 10 kali, akan tetapi jika musim kemarau masih berlanjut, dan krisis air masih dialami masyarakat, maka tentu pihaknya akan membantu menyalurkan air bersih kepada masyarakat. Karena air bersih adalah kebutuhan dasar makhluk hidup.

Selain PMI, sebelumnya bantuan air bersih juga dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon di 18 titik pada sembilan wilayah di negeri Batu Merah.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020