Jajaran Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX/ Ambon menyatakan siap mendukung tugas-tugas Polda Maluku dalam menjaga dan mengamankan situasi kamtibmas di Provinsi setempat.

"Kami siap mendukung maupun bersinergi dengan Polda Maluku menjaga dan mengamankan situasi dan kondisi kamtibmas di daerah ini," kata Komandan Lantamal Ambon Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto saat menerima kunjungan Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar di Mako Lantamal Ambon, Selasa.

Komandan Lantamal menyampaikan penghargaan dan apresiasi tinggi kepada Kapolda Maluku Baharudin Djafar atas kunjungan silaturahim bersama jajarannya.

Menurut dia, sinergitas TNI dan Polri, termasuk dengan Lantamal Ambon, selama ini berjalan sangat baik.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis yang berkunjung ke Ambon, 16 Januari 2020, kata dia, mengapresiasi dan memuji sinergitas TNI/Polri di Maluku.

"Sinergitas tersebut patut dipertahankan dan ditingkatkan," kata Danlantamal.

Saat berkunjung ke Ambon, Panglima TNI dan Kapolri menegaskan sinergitas TNI Polri di Maluku merupakan yang terbaik sekaligus dinobatkan sebagai percontohan untuk wilayah lain.

Danlantamal mengatakan bahwa rapat pimpinan TNI/Polri di Jakarta, beberapa waktu lalu, Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Idham Azis memuji sinegritas TNI/Polri di Maluku.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar mengatakan bahwa silaturahmi ini merupakan bagian rangkaian kunjungan dalam rangka memererat sinergitas TNI/Polri sesuai yang diamanatkan UU serta instruksi Presiden RI, Joko Widodo.

"Sinergitas TNI/Polri jadi hal sangat penting dan sebuah kewajiban. Hal ini sejalan dengan penegasan Presiden Joko Widodo bahwa walaupun bumi digonjang-ganjing dalam situasi apa pun, bisa diatasi jika TNI/Polri bersinergi," kata Kapolda menegaskan.

Alumnus Akpol 1986 ini mengungkapkan sinergitas TNI/Polri sifatnya mutlak, mengingat dirinya juga dibesarkan di lingkungan TNI.

"Saya dibesarkan di lingkungan TNI. Jadi, apa pun alasannya sinergitas TNI/Polri di Maluku mutlak dilaksanakan dan tidak bisa dipecah belah dengan cara apa pun," katanya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020