Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku mempersiapkan penyelenggaraan "Utsawa Dharma Gita" (lomba nyanyi suci agama Hindu) tingkat nasional XIV yang dijadwalkan dilaksanakan di Ambon pada Oktober 2020.

Sekda Maluku, Kasrul Selang, dikonfirmasi, Kamis, membenarkan, kesiapan penyelenggaraan intensif dimatangkan dengan melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Maluku.

"Saya kemarin (Rabu) telah mematangkan kesiapan penyelenggaraan dengan sejumlah OPD teknis bersama PHDI Provinsi Maluku dalam rangka menyukseskan kegiatan selama tujuh hari tersebut," ujarnya.

Sekda mengatakan, Maluku telah sukses menyelenggarakan kegiatan nasional agama lainnya yakni MTQ nasional, Pesparawei Nasional dan Pesparani Nasional sehingga bertekad "Utsawa Dharma Gita" juga harus mengukir prestasi yang sama, baik penyelenggaraan, prestasi dan pertanggung jawaban.

"Jadi semua komponen agama maupun masyarakat dilibatkan untuk menyukseskan event nasional umat Hindu yang melibatkan lebih dari 2.000 peserta dari 34 provinsi di Tanah Air," katanya.

Dia memastikan, tidak ada masalah terkait sarana maupun prasarana karena event tiga agama sebelumnya telah dibangun fasilitas yang siap sebagai lokasi lomba dengan arena utama lapangan Polda Maluku di Tantui,  Islamic centre, Kristiani centre, Katholik centre, Hindu centre dan Budha centre.

"Pasti dananya dialokasikan melalui APBD Maluku tahun anggaran 2020 senilai Rp10 miliar dari kebutuhan Rp12,5 miliar yang sisanya merupakan konstribusi dari 11 Pemkab/Pemkot, termasuk Kementerian Agama," tandas Sekda.

Sedangkan, Ketua PHDI Provinsi Maluku, I Yoman Sukadana mengatakan, peserta ari Parisade di seluruh Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Pemprov maupun masyarakat Maluku yang siap menyelenggarakan dan menyukseskan event tersebut.

"Kami (umat Hindu) di Maluku saat ini lebih dari 13,000 jiwa. Namun, Namun, perhatian Pemprov maupun masyarakat Maluku membuat termotivasi agar sukses sebagaimana MTQ, Pesparawi dan Pesparani Nasional yang diselenggarakan sebelumnya," katanya.

Maluku dipercayakan menyelenggarakan "Utsawa Dharma Gita" XIV berdasarkan keputusan event yang sama di Palembang, Sumatera Selatan.

"Utsawa Dharma Gita"   XIV diselenggarakan dengan thema "Literasi umat Hindu Menuju Sumber Daya Manusia Unggul dan Berintegrasi”. Sub temanya adalah melalui "Utsawa Dharma Gita"" Kita Tingkatkan Sumber Daya Hindu untuk Kemajuan Maluku dan Indonesia". Sedangkan mottonya adalah "Hdup Rukun Perekat Persatuan dan Keesatuan Bangsa".

 

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020