Petugas pemerintah memeriksa suhu tubuh seluruh penumpang kapal dan pesawat yang tiba di wilayah Ternate dalam upaya mencegah penularan COVID-19.

"Diwajibkan menjalani screening (pemeriksaan) guna mengantisipasi penyebaran virus corona," kata Ketua Tim Kesehatan Posko Pelabuhan Semut Ternate dr Ali Akbar Taslim pada Sabtu.

Jumlah penumpang yang sudah menjalani pemeriksaan suhu tubuh di Pelabuhan Semut Ternate, menurut dia, sebanyak 73 orang dan 23 di antaranya warga asing yang bekerja di perusahaan tambang di Pulau Halmahera.

Menurut hasil pemeriksaan itu, tidak ada penumpang yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat Celsius.

Pemerintah Kota Ternate telah menetapkan status tanggap darurat bencana non-alam menyusul penyebaran virus corona penyebab COVID-19.

Kepala Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Ternate Arif Gani menyatakan upaya pencegahan penularan COVID-19 yang dijalankan pemerintah antara lain pembentukan posko pemantauan di pintu-pintu masuk Kota Ternate.

"Ada lima titik yaitu Bandara Babullah, Pelabuhan Ahmad Yani, Pelabuhan Bastiong, Pelabuhan Semut, dan Pelabuhan Feri," katanya.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020