DPD I Partai Golkar Maluku mendorong pemerintah provinsi (Pemprov) setempat untuk menggunakan dana darurat atau dana bantuan bencana dalam mengambil berbagai langkah dan kebijakan strategis untuk penanganan virus Corona.

"COVID-19 atau Virus Corona yang terjadi saat ini sangat cepat dan menimbulkan banyak orang yang terpapar sampai pada kematian," kata ketua DPD I Partai Golkar Maluku, Ramly Umasugy di Ambon, Minggu.

Menurut dia, pemerintah telah melakukan langkah-langkah penanganan, dan salah satunya dengan mengimbau masyarakat untuk melakukan Social Distancing serta menjaga kebersihan.

Menyikapi hal ini, Ketua DPD I Partai Golkar Maluku telah melakukan pertemuan dengan seluruh anggota Fraksi Partai Golkar di DPRD Provinsi Maluku guna memberikan dukungan terhadap pemerintah daerah dalam menangani virus corona.

Beberapa hal yang menjadi perhatian serius Partai Golkar yang akan ditindaklanjuti melalui Fraksi di DPRD Provinsi Maluku antara lain partai mendorong Pemprov setempat untuk menggunakan dana darurat atau dana bantuan bencana guna mengambil langkah strategis penanganan virus Corona.

"Apabila dana yang ada masih dirasakan kurang, Golkar Maluku mendorong agar dilakukan revisi anggaran APBD 2020 yang disisihkan dari efisiensi perjalanan dinas, seminar-seminar, rapat - rapat, dan anggaran lainnya yang bisa diefisiensikan," tegas Umasugy.

Partai Golkar Maluku juga mendorong Pemprov setempat untuk menyediakan ruangan khusus atau Rumah Sakit Khusus guna penanganan wabah Corona disertai dengan peralatan yang memadai baik bagi pasien maupun tenaga medis yang bertugas seperti pakaian, masker, atau sarung tangan.

Selain itu, partai berlambang Pohon Beringin ini mendorong pemerintah daerah untuk memberikan insentif khusus kepada petugas medis yang bekerja 24 jam dalam penanganan wabah Corona ini.

Kondisi geografis Provinsi Maluku adalah kepulauan sehingga meminta pemerintah untuk memaksimalkan penyediaan alat detektor suhu pada pintu-pintu masuk dari luar Maluku seperti bandara dan pelabuhan agar dapat dilakukan deteksi dini wabah Corona.

"Partai Golkar memandang masalah ini sangat serius dan mendesak karena menyangkut kesehatan dan keselamatan masyarakat, namun berdampak juga pada ekonomi, dimana pertumbuhan ekonomi akan berpotensi menurun karena kantor dan sekolah libur, wisatawan menurun, dan yang paling merasakan adalah masyarakat bawah yang bergantung pada pendapatan harian," tegasnya.

Untuk itu, melalui F-Partai Golkar di DPRD Provinsi Maluku maupun di  seluruh kabupaten/kota, akan mendorong pemda untuk mengambil langkah-langkah cepat penanganan wabah Corona, bahkan dalam melakukan revisi APBD.


 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020