PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) memastikan pelayanan dan pemasokan listrik tetap aman di tengah pandemi virus COVID-19.

"Kami memastikan pelayanan dan pemasokan kelistrikan tetap terjaga di tengah pandemi virus COVID-19 di Maluku dan Maluku Utara, " kata General Manager PLN UIW MMU Romantika Dwi Juni Putra, Senin.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah menerapkan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah diatur perusahaan guna mengantisipasi penyebaran virus COVID-19 di lingkungan kerja di seluruh unit PLN UIW MMU.

Di sisi internal perusahaan, PLN telah memiliki mekanisme pengaturan Work From Home(WFH) serta Split Work atau pembagian kerja . 

Mekanisme tersebut, bertujuan untuk mengatur pelaksanaan proses bisnis dan operasional perusahaan agar tetap terjaga dengan tetap memperhatikan kesehatan dari para pegawai.

Romantika menjelaskan, mekanisme ini secara otomatis langsung diterapkan di wilayah kerja di daerah yang berstatus kuning, orange dan merah. 

"Untuk para pegawai yang bertugas di sisi pembangkit, transmisi dan distribusi hingga pelayanan teknik dan dinas gangguan, tetap disiagakan guna pelayanan listrik yang tetap maksimal dengan diatur melalui mekanisme split work," ujarnya.

Terkait pelayanan listrik kepada masyarakat, PLN juga mengimbau masyarakat dapat menggunakan layanan online dari PLN sehingga masyarakat tidak perlu ke luar rumah.

Masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile apabila membutuhkan berbagai layanan listrik dari PLN. 

"Di samping itu, pembayaran tagihan rekening listrik juga bisa memanfaatkan layanan mobile banking, e-commerce maupun pembayaran online lainnya sehingga tidak perlu datang ke kantor atau unit layanan PLN," katanya.

Selain itu, PLN juga telah melaksanakan prosedur pengukuran suhu tubuh bagi para pegawai maupun tamu yang berkunjung ke lingkungan kantor ataupun objek ketenagalistrikan lainnya.

Penyemprotan disinfektan pun telah dilakukan sejak Jumat (20/3) di seluruh kantor atau Unit PLN Maluku dan Maluku Utara.

"Seluruhnya merupakan langkah preventif PLN guna mencegah penyebaran virus COVID-19 dengan tetap melindungi kesehatan pegawai dan juga menjaga kepuasan pelanggan, " tandasnya.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020